Sunday, June 29, 2014

Asuransi Kesejahteraan Sosial Daerah Diluncurkan

* Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat


beri3


Dalam mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat, khususnya bagi warga masyarakat yang termasuk dalam kelompok Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Pemprov Banten, meluncurkan (launching) program Asuransi Kesejahteraan Sosial Daerah (Askesosda). Askesosda merupakan sebuah replikasi program pemerintah pusat, yaitu program Asuransi Kesejahteraan Sosial (Askesos) yang diluncurkan oleh Kementerian Sosial.
“Program ini merupakan komitmen Pemprov Banten yang selama ini terus konsen dalam mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat, khususnya bagi warga masyarakat yang termasuk dalam PMKS,” kata Plt. Gubernur Banten, H. Rano Karno saat memberikan sambutan dalam acara yang digelar di Hotel Permata Krakatau, Kota Cilegon, Jum’at (27/6) malam.
Dikatakan Rano, askesosda juga memberikan jaminan sosial bagi pencari nafkah utama kurang mampu yang umumnya merupakan pekerja sektor informal. Jaminan tersebut, lanjut Rano, berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. “Pelaksanaannya dalam hal ini Pemprov Banten bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya.
Peserta atau penerima bantuan iuran berasal dari warga kurang mampu yang terdapat dalam data PPPS (Pendataan Program Perlindungan Sosial) tahun 2011. Pesertanya telah divalidasi dan diverifikasi, sehingga kemungkinan salah sasaran sangat kecil terjadi.
“Tahun 2014 ini, askesos diberikan kepada 30 ribu pekerja sektor informal. Mereka tersebar di enam kabupaten kota yang meliputi Kabupaten Pandeglang, Lebak, Serang, Kota Serang, Cilegon, dan Tangerang Selatan,” kata Rano. (poskotanews.com)
Teks foto: Plt Gubernur Banten, Rano Karno meluncurkan Askesosda. (poskotanews.com)

No comments:

Post a Comment