Ilustrasi rumah murah
Ilustrasi rumah murah (Istimewa)
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur tengah bekerja sama dengan developer perumahan dan Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Kupang untuk menyediakan rumah murah bagi pegawai negeri sipil (PNS).
Kepala Bidang Disiplin dan Kesejateraan Rakyat Badan Kepegawaain Daerah Provinsi NTT, Aba Muhamad dalam pameran rumah murah di halaman kantor gubernur NTT mengatakan, kegiatan pameran tersebut sudah tiga kali dilakukan dan difasilitasi pemerintah melalui BKD.
"Kita sengaja libatkan pihak swasta untuk membantu PNS kita untuk mendapatkan rumah yang murah. Sebab banyak PNS yang belum memiliki rumah karena itu silahkan mendaftar," katanya, Kamis (28/5).
Dalam menyediakan rumah murah tersebut, ada tiga developer perumahan yang diikutkan, seperti Pondok Indah Matani, Sejaterah Len, vila gloria, dan game stone.
Ia menjelaskan, dalam pembayaraannya, bagi para PNS di NTT akan diberikan bunga lima persen setiap tahunnya sampai selesai cicilan dan tidak ada penambahan. Di samping itu, rumah murah tersebut juga telah diasuransikan.
"Kalau untuk iuran pembayartan asusransi rumah itu akan langsung dibayar oleh pemerintah provinsi," ujarnya.
Aba menambahkan, para pegawai PNS di NTT juga diberikan kemudahan untuk memperolah rumah gratis tersebut, berupa pemberian tambaham tabungan perumahan gratis senilai Rp4 juta dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS).
Lanjut Aba, salah satu developer dari Real Estate Indonesia (REI) cabang Kupang sendiri tengah menawarkan uang muka pembayaran perumahan tersebut mencapai Rp.1,265. 000 dan dengan uang muka seharga itu, yang bersangkutan sudah bisa memilki rumah serta tabungan perumahan gratis dati Bapertarum.
"Ini kesempatan bagi semua PNS di NTT sehingga jangan sampai membiarkannya," tuturnya.
Sementara itu, ketua DPD REI NTT, Boby Lianto mengatakan, tipe perumahan yang ditawarkan adalah Tipe rumah 30 dan ada juga tipe 36 dengan luas tanah 120 meter. Diberikan dengan harga maksimal di Provinsi NTT Rp. 126.500.000 dengan bebas PPN.
Menurutnya, seperti bebas PPN, DP hanya lima persen bahkan bisa satu persen apabila instansi punya kerjasama kolektif dengan BTN, bebas biaya asuransi, bunga murah hanya lima persen dan cicilan tetap sampai akhir masa cicilan.
"Cicilannya tidak akan bertambah walaupun terjadi krisis moneter, ini dijamin pemerintah," ujarnya.
Lanjutnya, dalam Pameran REI yang diselenggarakan dalam tiga hari ini hanya ada tiga perumahan saja yang melayani FLPP yaitu pondok indah matani dan sejahtera len, game stone dan vila gloria dengan memberikan DP satu persen ditambah dengan kebijakan Bapertarum-PNS terkait bantuan uang muka gratis dalam tabungan perumahan Rp 4 juta.
"Sejak dil-launching program sejuta rumah oleh pemerintah pada April, sudah 150 unit rumah yang terjual. Dan Kita targetkan penjulan rumah tahun ini capai 400 unit. Kita yakin akan terjadi pembelian rumah besar-besaran karena uang muka atau DP-nya hanya Rp 1 juta," tambahnya.
Antara