Thursday, October 8, 2015

Bayar JKN Kini Semudah Bayar Listrik

Foto-Peresmian kerjasama PPOB yang menggandeng minimarket, outlet tradisional dan bank. (Inung)
Foto-Peresmian kerjasama PPOB yang menggandeng minimarket, outlet tradisional dan bank. (Inung)
 Membayar iuran jaminan kesehatan nasional (JKN), kini masyarakat tidak perlu repot. Tidak harus mendatangi kantor-kantor cabang BPJS Kesehatan atau kantor bank dan ATM yang mungkin lokasinya jauh dari tempat tinggal.
“Masyarakat bisa mendatangi minimarket atau outlet tradisional yang ada disekitar lokasi tinggal untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Jadi kini membayar BPJS Kesehatan semudah membayar tagihan listrik,” jelas Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris pada peresmian loket pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui payment point online bank (PPOB).
Sebanyak 11.400 minimarket dikatakan Fachmi kini menyediakan layanan PPOB yakni layanan pembayaran melalui perbankan. Sistem ini sudah diaplikasikan ke minimarket seperti Indomart, alfamart dan Seven7.
Hingga akhir 2015 ditargetkan sebanyak 100 ribu minimarket ikut bergabung dalam PPOB ini.
Selain melalui minimarket, masyarakat juga bisa membayar iuran JKN melalui outlet tradisional dimana biasanya membayar listrik, air dan telepon. Aoutlet tradisional ini tersebar hingga ke permukiman masyarakat di gang dan kampung.
Fachmi memastikan bahwa membayar melalui PPOB ini tidak dikenakan biaya tambahan iuran. Biaya administrasi yang dikenakan oleh ritel mitra maksimal hanya Rp 2500 per transaksi pembayaran.
Nilai tersebut diakui masih jauh lebih murah jika dibandingkan ongkos transportasi menuju kantor BPJS Kesehatan atau bank yang rata-rata bisa mencapai Rp 10 ribu per orang.
Hingga saat ini tercatat lebih dari 11.400 outlet modern yang melayani pembayaran melalui sistem PPOB.
Diluar PPOB, BPJS Kesehatan juga telah menggandeng 4 bank mitra yakni BNI, BRI, bank Mandiri dan BTN. Jumlahnya total mencapai 15.374 kantor bank dan 53.763 ATM bank mitra. Rinciannya Bank Mandiri 2.334 kantor dan 17.032 ATM, Bank BNI 1.813 kantor dan 14.025 ATM, Bank BRI 10.410 kantor dan 20.876 ATM serta BTN 817 kantor dan 1.830 ATM.
(poskotanews.com)

No comments:

Post a Comment