Saturday, February 1, 2014

Yuk, Berpetualang dengan Kuliner Khas Ambon

“Paleng Sadap Seng Ada Lawang”, yang artinya sangat enak dan tak ada tandingannya. Begitulah kira-kira ungkapan orang Ambon ketika menyantap Papeda, salah satu makanan khas kota ini yang biasanya dimakan dengan ikan kuah kuning. Hmm, kedengarannya enak ya travelers? Mau tau kuliner apalagi yang ada di kota asal penyanyi Glenn Fredly ini? Yuk, simak ulasannya.1. Papeda
Makanan yang satu ini menempati urutan pertama kuliner khas Ambon karena hampir setiap keluarga disana selalu memakannya sebelum memakan nasi. Berbahan baku sagu, tekstur Papeda sangat unik, kenyal dan lengket seperti lem. Rasanya memang terbilang hambar, karena itu dimakannya berbarengan dengan makanan lain seperti lauk ikan kuah kuning atau sambal colo-colo, sambal khas Ambon yang mirip dengan sambal dabu-dabu.
Makanan tradisional yang sudah turun temurun ini bisa travelers coba di Restoran Ratu Gurih yang terletak di Jalan Diponegoro 26. Nah, untuk variasi rasa agar lebih nikmat, Anda bisa memesan beragam masakan ikan yang tersedia.
 2. Kue Sagu
Dari namanya tentu saja bahan baku utamanya pasti sagu. Makanan ringan yang dikenal dengan nama kue serut atau Bagea ini bertekstur sedikit keras dan mempunyai rasa yang gurih. Sangat nikmat bila dimakan bersama teh manis hangat. Kue ini mudah di jumpai hampir di setiap toko kue di Ambon, termasuk di pusat oleh-oleh di Pasar Mardika.


3. Kue Kenari
Ambon adalah salah satu daerah penghasil kacang kenari terbanyak di Indonesia. Kenari mentah ataupun olahannya menjadi bahan baku favorit pembuatan kue dan roti. Travelers bisa membawa pulang satu bungkus roti berisi 10 potongan dengan cukup membayar kurang dari Rp.20 ribu.

 4. Ikan Asap
Layaknya makanan khas daerah timur Indonesia, ikan asap atau biasa disebut ikan asar sangat layak dijadikan salah satu kuliner khas kota Ambon. Ikan olahan ini bisa dibeli dengan harga cukup terjangkau sekitar Rp.20 ribu – Rp.40 ribu tergantung ukuran ikannya. Ikan asap ini paling enak disantap dengan sambal colo-colo. Travelers bisa membelinya di kawasan Galala dan pasar PLTD.
 5. Nasi Uduk Khas Ambon
Tidak Cuma di Jakarta, di Ambon juga ternyata punya nasi uduk loh. Bahan bakunya juga tidak jauh berbeda yakni nasi, kelapa, beragam lauk dan juga sambal. Bedanya, kalau di Jakarta nasi uduk “temannya” dengan lauk ayam, sedangkan di sini dengan lauk ikan dan sambal colo-colo, bukan sambal kacang seperti yang biasa tersedia di Jakarta. Jenis sayuran yang digunakan pun lebih bervariasi seperti bunga pepaya. Ingin mencoba? Kunjungi saja Warung Tenda Nasi Kelapa di daerah Batu Merah.

 6. Kopi
Selain Aceh, Ambon juga terkenal sebagai daerah penghasil biji kopi. Warung kopi di Ambon menyajikan kopi yang segar dan nikmat karena berbahan baku biji kopi khusus. Belasan kios di Pantai Losari, Ambon bisa menjadi pilihan travelers untuk menikmati kopi khas Ambon. Paling sedad disantap bersama poffertjes. Hmm, yummy!

Berpetualang di Ambon, urusan hotel serahkan kepada rajakamar. Berbagai penawaran hotel murah Ambon dan penawaran spesial dengan harga yang menarik, semuanya ada di Rajakamar.com ahlinya hotel murah di Indonesia.
(content.rajakamar.com/berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment