Monday, March 31, 2014

PT Pos Siapkan E-Karip Untuk Penerima Pensiun

"Untuk pilot project ini nanti awal April, dimulai dengan input data terlebih dahulu,"
 

ilustrasi
 
 PT Pos Indonesia (Persero) menyiapkan kartu elektronik, E-Karip untuk mempermudah pembayaran bagi penerima dana pensiun.

"Untuk pilot project ini nanti awal April, dimulai dengan input data terlebih dahulu," kata Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Budi Setiawan di kota Kupang, provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (4/3).

E-Karip ini merupakan produk milik PT Taspen (Persero) yang pelaksanaannya dibantu oleh PT Pos Indonesia (Persero) sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan oleh PT Taspen.

Kartu elektronik ini nantinya akan dinamakan E-Karip dan memiliki konsep yang serupa dengan E-KTP, hanya saja E-Karip akan digunakan untuk ketepatan pembayaran dana pensiun serta klaim kematian dari penerima dana pensiun oleh keluarganya.

E-Karip ini akan dilengkapi dengan data-data pribadi penerima dana pensiun, data keluarga inti penerima dana pensiun sesuai dengan data dari kartu keluarga.

"Datanya di sini lengkap karena isinya ada 32kb. Ada nama alamat, anak siapa, fingerprint juga ada, serta foto pemilik baik di kartu maupun di dalam memori kartu," jelas Budi.

Budi menjelaskan untuk sementara waktu proyek E-Karip ini akan dilaksanakan pertama kali di Jakarta dan dilanjutkan di kota-kota lainnya.

"Target kami, seluruh Indonesia sudah bisa menggunakan E-Karip pada akhir tahun 2014," kata Budi berharap.

Saat ini PT Pos Indonesia melayani lebih dari 650 ribu penerima dana pensiun. (skalanews.com)

No comments:

Post a Comment