Friday, January 23, 2015

Mantap, Karyawan Swasta Tahun Ini Punya Jaminan Pensiun




Mantap, Karyawan Swasta Tahun Ini Punya Jaminan Pensiun




Mangasi Sormin


Tahun 2015 membawa kabar gembira bagi karyawan swasta. Betapa tidak pada tahun ini akan diberlakukan Jaminan Pensiun yang merupakan program terbaru dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK). Dengan program tersebut, karyawan swasta nantinya bisa menikmati uang pensiun seperti halnya pensiunan pegawai negeri sipil (PNS)/TNI/Polri.
”Program Jaminan Pensiun akan berlaku per 1 Juli 2015. Berarti kami akan melaksanakan full program-program BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJS TK Kebayoran Baru, St Mangasi Sormin, SH, MH. Menurut Sormin, waktu pemberlakuan Jaminan Pensiun sudah ditetapkan oleh UU BPJS, maka sudah pasti dilaksanakan. Kini pihaknya tinggal menunggu petunjuk teknis pelaksanaannya, yang kini masih digodog dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP).
”Bagaimana-bagaimananya akan ada di PP itu. Tapi yang jelas kami, Kantor Cabang (BPJS TK) Kebayoran sebagai pelaksana teknis siap seratur persen menjalankan program Jaminan Pensiun,” paparnya di sela-sela acara Sosialisasi Penyakit Kanker Rahim, Payudara, dan Prostat, oleh Yayasan Peduli Kanker Indonesia, di Kantor Cabang BPJS TK Kebayoran Baru. Sebelum sosialisasi, dilaksanakan juga acara pisah sambut salah seorang karyawati yang pindah tugas ke Kantor BPJS TK Cabang Rawamangun.
Dalam kesempatan itu Sormin menyatakan rasa bangga dengan etos kerja para karyawannya. Sebab dari kinerja tahun 2014, Kantor BPJS TK Cabang Kebayoran Baru meraih predikat sehat, dengan nilai 96,53. Salah satunya berhasil menambah 59 ribu tenaga kerja baru peserta BPJS TK dari 58 ribu target yang ditetapkan.
”Prestasi ini bisa dicapai berkat TOPAS (teamwork, openmind, passion, action, dan sense) dan IPTIK (iman, profesional, teladan, integritas, dan kerjasama). Dengan semangat TOPAS dan IPTIK inilah kita optimis dengan tantangan di tahun 2015,” paparnya. Sormin menegaskan, setelah program Jaminan Pensiun diberlakukan, berarti perusahaan wajib mengikutkan program tambahan ini kepada seluruh karyawannya tanpa kecuali.
Artinya ada hak dan kewajiban perusahaan dan karyawan yang harus dipenuhi sesuai aturan yang berlaku nantinya. Tak terkecuali indopos.co.id, perusahaan media yang kebetulan terdaftar sebagai peserta di Kantor BPJS TK Cabang Kebayoran Baru. Tiga program utama yang sudah berjalan di BPJS TK adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).
Selama ini, JHT merupakan program kebanggan peserta. Sebab bunga JHT terbukti selalu lebih tinggi dari bunga deposito bank dan tanpa dikenakan potongan pajak dan biaya administrasi. Kini, kata Sormin, peserta BPJS TK memiliki program kebanggaan baru yakni Program Pensiun. Dikatakan, pihaknya program teresbut tidak hanya berlaku bagi karyawan swasta atau BUMN saja. Tetapi nanti program Jaminan Pensiun PNS/TNI/Polri juga akan dikelola oleh BPJS TK.

- See more at: http://www.indopos.co.id/2015/01/mantap-karyawan-swasta-tahun-ini-punya-jaminan-pensiun.html#sthash.SVvflOMq.dpuf

No comments:

Post a Comment