Tuesday, January 27, 2015

SK Pensiun Dibarengi Dana Taspen






LAYANAN PROAKTIF OTOMATIS

Setelah tetap dipercaya pemerintah sebagai pengelola asuransi pensiun pegawai negeri, PT Taspen (Persero) terus membuka terobosan baru untuk meningkatkan pelayanan. Salah satunya yakni layanan proaktif otomatis, dimana layanan ini jemput bola ke peserta Taspen dalam urusan pensiunannya.
“Kami paham bahwasanya pelayanan itu hal yang utama. Makanya kami terus berbenah memanjakan peserta Taspen dengan prinsip, cepat, mudah dan ramah,” kata Direktur Operasional PT Taspen (Per­sero), Ermanza didampingi Kepala Cabang Utama Taspen Medan, Herry Avianto, Kepala Cabang Taspen Padang, Jhon Irwan dan Humas Taspen Pa­dang, Alex usai pelaksanaan Raker Taspen Wilayah I Su­matera di Gedung Taspen Cabang Padang, Jalan Sudir­man Padang, kemarin.
Dia menjelaskan, layanan proaktif otomatis yang meru­pakan salah satu sasaran utama dalam Roapmap Taspen 2014-2029 diwujudkan de­ngan mem­perkuat sistem teknologi informasi di tubuh perusahaan tersebut. Teknologi itu me­nyim­pan database peserta me­lalui file elektronik atau prog­ram Electronic File System (EFS).
Program tersebut yang me­ngolah data base peserta sehingga menghasilkan infor­masi yang dibutuhkan, baik itu masa pensiun peserta ataupun berkas persyaratan yang dibutuhkan.
“Makanya, sistem oto­matis ini memberitahukan kapan peserta pensiun. Dengan demikian begitu SK pensiun keluar, Taspen juga langsung serahkan dana Taspennya. Dan ini sudah mulai kami terap­kan, namun baru setingkat pejabat negara. Kami targetkan 2018 sudah bisa melayani seluruh peserta golongan IV C dan selanjutnya tentunya kepada seluruh peserta secara bertahap,” jelas pria asal Solok itu.
Sistem komputerisasi EFS tersebut juga didukung layanan lainnya yang telah electronis seperti Otentifikasi Peserta, Smart-Card, e-KARIP dan e-Banking serta mobil pelayanan keliling yang juga menggu­nakan layanan electronic.
“Sistem komputerisasi ini juga telah diterapkan di Padang. Bahkan, beberapa waktu lalu ketika kami memproses klaim asuransi Bapak Mahyeldi yang waktu itu sebagai Wakil Wali­kota Padang, beliau terkejut setelah diberi tahu oleh pe­gawai Taspen. Nah, sistem inilah yang meng­ingatkan kita segala urusan di Taspen ini. Begitu juga kepada peserta lainnya, kami akan jemput bola dalam pelayanan ini,” ujarnya.
Sementara itu, Kacab Uta­ma Taspen Medan, Herry Avianto menambahkan, pe­ning­katan layanan itu meru­pakan tema dari Raker Taspen 2015 yakni Meningkatkan Daya Saing, Mengembangkan Produk dan Layanan untuk Mempercepat Eksistensi PT Taspen dengan Penyeleng­garaan Program Mensejah­terakan Aparat Sipil Negara dan Pejabat Negara.
Raker Taspen yang ber­langsung dua hari tersebut diikuti seluruh kepala cabang wilayah I Sumatera yakni sela­in Padang dan KCU Medan, Darius Chaniago (Kacab Ban­da Aceh), Aceng Sudarja (Kacab Pematang Siantar), Edison Situmorang (Kacab Tanjung Pinang), Tamsir (Kacab Pekanbaru), Bambang Nur Cahyono (Kacab Jambi) dan Ratmo (Kacab Bukit­tinggi) serta pegawai Taspen Padang.
Pada Roapmap Taspen 2014-2029 itu juga dijelaskan bah­wa­sanya Taspen tetap menye­lenggarakan Program Jaminan Sosial Nasional kepada pensiunan yang terdiri dari, jaminan kesehatan, jami­nan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian. (http://www.harianhaluan.com)

No comments:

Post a Comment