Thursday, April 2, 2015

Dana Taspen Akan Dikelola buat Infrastruktur

Dana Taspen Akan Dikelola buat Infrastruktur
Gedung PT Taspen. Taspen.com
 
Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Latanro mengatakan selama ini skema dana pensiun hanya boleh disalurkan ke deposito dan Surat Utang Negara (SUN) karena risikonya aman. Pada masa mendatang, tidak tertutup kemungkinan dana pensiun akan dikelola dalam bentuk investasi riil, seperti jalan tol.

"Kami memiliki kajian ada tiga sektor yang cukup aman," kata dia di kantor Presiden, Senin, 30 Maret 2015. Selain jalan tol, infrastruktur lainnya adalah pembangkit listrik dan properti, aset milik PT Taspen.

Proyek infrastruktur, seperti jalan tol, kata Iqbal, menjadi alternatif ketimbang pengelolaan dana pensiun melalui deposito. Taspen, dia menambahkan, juga mengkaji tanah di Artaloka di dekat Grand Indonesia. "Presiden Joko Widodo menilai pengelolaan tanah di Artaloka akan berguna buat pensiunan jika dikelola dengan baik," katanya.

Saat ini dana pensiun Taspen sebesar Rp 141 triliun. Paling banyak berbentuk portofolio deposito di bank pemerintah. Taspen sedang mengkaji portofolio itu akan sedikit dialihkan ke proyek infrastruktur dari deposito ataupun SUN. "Saya dengar ada beberapa infrastruktur yang dijual. Mungkin kami akan ikut membelinya." (www.tempo.co)

No comments:

Post a Comment