Sunday, June 21, 2015

Mensos: Lansia Terlantar Dijaminkan Asuransi & KIS

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa (kiri) (Foto: Antara)
Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa (kiri) (Foto: Antara)
Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke sejumlah Pondok Pesantren di Pulau Madura, Jawa Timur. Kunjungan kerja itu juga dalam rangka Haflatul Imtihan dari kegiatan pesantren, menjelang bulan suci Ramadan.
Menteri Khofifah meminta kepada setiap perangkat desa, agar warganya menerima tiga kartu sakti yakni, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).
"Karena dengan ketiga kartu tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat dan membantu dalam kelangsungan hidupnya," papar Menteri Khofifah.
Dalam kesempatan itu, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga meninjau sejumlah lansia (lanjut usia) di pulau garam tersebut.
Menteri Khofifah juga membagikan bantuan kepada masyarakat yang mendapat Program Keluarga Harapan (PKH).
Kementerian Sosial juga mempunyai program langsung ke lapangan dalam bentuk bedah kamar lansia terlantar. Pelayanan sosial bagi lansia harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program pemerintah untuk memperoleh perlindungan sosial maupun jaminan sosial.
Saat ini, Kementerian Sosial juga mencatat terdapat 1,8 juta jiwa penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). "Saya pastikan lansia terlantar dijamin dapat asuransi lanjut usia dan KIS," sambungnya.
Dia berharap, agar semua program pemerintah yang telah berjalan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.
"Mari kerja samanya para Camat, Kiai dan Pemerintah Daerah demi masyarakatnya dalam hidup yang lebih baik dan sejahtera," tukas Menteri Khofifah.
(http://news.okezone.com)

No comments:

Post a Comment