Sunday, January 13, 2013

Bantuan Sosial


Bantuan Sosial, menurut www.wikiapbn.org, adalah transfer uang atau barang yang diberikan kepada masyarakat guna melindungi dari kemungkinan terjadinya risiko sosial.
Bantuan Sosial(public assistance) didanai melalui pajak dan dikucurkan melalui anggaran negara (APBN/APBD). Bantuan diberikan kepada individu, kelompok atau komunitas yang secara ekonomi lemah (miskin) dan kelayakan untuk menerimanya diuji terlebih dahulu dengan tes kemiskinan (means-tested). Bantuan bisa bersifat sementara (misalnya untuk korban bencana), atau bersifat tetap (misalnya untuk penyandang cacat, lanjut usia). Bantuan bisa diberikan langsung kepada penerima dalam bentuk uang atau barang (in-cash transfers), tetapi juga bisa diberikan melalui provider penyalur (in-kind transfers). Sifat bantuan bisa diberikan dengan syarat (conditional) atau tanpa syarat (unconditional).
Pada dasarnya ada empat jenis bantuan sosial:
·         Bantuan dan pelayanan kesejahteraan sosial, yaitu bantuan kepada golongan masyarakat paling miskin, diberikan berbasis lembaga atau masyarakat seperti lanjut usia dan penyandang cacat (panti, KUBE)
·         Bantuan dana segar atau natura, yaitu berupa kupon makanan, atau dana cash untuk biaya hidup keluarga miskin (family allowances)
·         Bantuan subsidi sementara, yaitu bantuan bagi kelompok masyarakat yang mengalami kehilangan pendapatan dan harta karena peristiwa tiba-tiba seperti bantuan bagi korban bencana alam, atau bantuan harga murah atas beras di saat krisis pangan.
·         Bantuan kompensasi atas kebijakan, yaitu bantuan sementara kepada kelompok masyarakat akibat suatu kebijakan pemerintah misalnya subsidi BBM, atau bantuan bagi masyarakat korban penggusuran. Bantuan sosial diberikan secara selektif (hanya kepada kelompok masyarakat tertentu) melalui uji kemiskinan, tetapi juga bisa secara universal (seluruh penduduk) tanpa uji kelayakan. Jenis bantuan terakhir ini biasanya berupa fasilitas publik, potongan pajak, penyediaan infrastruktur sosial ekonomi, peniadaan biaya sekolah bagi anak-anak dll. Bentuk bantuan sosial universal ini terdapat di negara-negara maju dan tergantung pada kondisi ekonomi suatu negara.

No comments:

Post a Comment