Friday, May 31, 2013

PT Askes Perbaiki Sistem Database KJS



PT Asuransi Kesehatan (Askes) akan ada beberapa hal yang harus diperbaiki dalam program Kartu Jakarta Sehat (KJS). Salah satu yang diperbaiki adalah database atau pusat data pasien pengguna KJS.

"Kita harus perbaiki dulu kartu ini kan kita yang bangun databasenya. Sekarang ada 2.370.000 data. Dalam waktu satu bulan kita sudah kumpulkan, tinggal cetak kartu, jadi pesertanya clear," ujar Dirut PT. Askes Fahmi Idris di Balai Kota Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Menurutnya, permasalahan yang kedua yang akan diperbaiki adalah masalah IT real time. Nantinya orang yang datang langsung didata sehingga mana yang punya kartu dan yang tidak bisa diverifikasi dengan jelas.

"Jangan sampai nanti rumah sakit salah masukkan kode, misal kode operasi B masuk operasi C kan bahaya. Klaim Rumah Sakit tergantung kecepatan Rumah Sakit mengisi INA CBG's tersebut nah kita menunggu saja di situ," jelasnya.

Fahmi menambahkan, saat ini klaim KJS yang sudah didata PT Askes adalah Rp 1,1 miliar. Kata dia, salah satu yang diperbaiki adalah masalah sistem klaim tersebut, nantinya seluruh rumah sakit pelaksana program KJS akan dimasukkan dalam sistem klaim itu

"Baru Rp1,1 miliar di beberapa rumah sakit. Kita menunggu juga rumah sakit lain masuk ke dalam sistem itu. Begitu mereka masukkan kita klarifikasi, klaimnya bukan kita yang bayar, tetep ke UPT Jamkesda," tandasnya.

No comments:

Post a Comment