Friday, August 30, 2013

Utang Pemerintah Daerah ke PT Askes Capai Rp 1 Triliun Lebih




·         * Sudah Sering Ditagih

Persiapan transformasi PT Askes menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bidang kesehatan terus dipercepat, mengingat program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang harus berjalan mulai 1 Januari 2014.

Ditengah-tengah persiapan transformasi tersebut, terdapat masalah yang dihadapi oleh PT Askes, yaitu adanya tunggakan pemerintah daerah (Pemda) atas premi Askes para PNS-nya tanpa alasan yang jelas.

Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai Rp847 miliar.”Jumlah itu belum dibayarkan sejak 2004-2012,” ungkap Ketua Kesatuan Pengawas Intern (KPI) PT Askes Herjanto pada acara Turnamen Golf HUT PT Askes ke-45, kemarin. PT Askes juga mencatat adanya tunggakan baru pada tahun anggaran 2013 senilai Rp30 miliar.

Pihaknya, kata dia, sudah berulangkali melayangkan surat tagihan kepada puluhan pemda yang memiliki tunggakan pembayaran premi. Selain itu, berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Badan Pengawas Keuangan (BPK) untuk ikut mengintervensi kepedulian pemda terhadap persoalan tersebut.

Sementara itu, Direktur Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga PT Askes, Endang Tidarwati menyatakan bahwa kegiatan operasional dan layanan PT Askes kepada pesertanya tidak mengalami gangguan kendati ada tunggakan premi hingga ratusan miliar rupiah.

“Semua PNS peserta Askes pada dasarnya tetap membayar premi yang dipotong dari gaji PNS setiap bulannya sebanyak 2 persen. Yang belum dibayar itu premi yang menjadi hak pemberi kerja dalam hal ini Pemda senilai 3 persen,” jelasnya. (www.harianterbit.com)

No comments:

Post a Comment