Sunday, August 10, 2014

Sharing tentang melahirkan menggunakan BPJS (Bandung)



Hai bundaaa,,
Sebelumnya saya udah bikin thread tentang kelahiran anak saya.
Skrg saya hanya sekedar sharing tentang bpjs.

Jadi gini bun, saya punya rencana melahirkan di RS Adv*nt bandung, karena di RS tersebut bisa menggunakan bpjs, pihak RS bilang biaya SC dapat di cover oleh bpjs.
Sebelum saya daftar, saya dan suami sudah berulang kali menanyakan ttg biaya, mereka tetap bilang biaya di cover kecuali ada komplikasi lain dan biaya kamar bayi. Oleh karena itu saya dan suami setuju, karena menurut kami RS tsb punya pelayanan yang bagus, jd gpp lah nambah buat hal lainnya (kamar bayi fan upgrade kelas 1 ke utama).
Terus hari rabu (11 juni) saya diminta dokter spog saya untuk rawat inap di rs tsb krn pada hari kamisnya saya akan di sc.
Hari rabu saya datang jam 10, kemudian suami mengurus segala persyaratan bpjs dan jam 1 siang saya baru dapat kamar.

Setelah masuk kamar, sekitar jam 2 suami dipanggil pihak bpjs untuk masalah administrasi. Katanya ada biaya diluar yg di cover bpjs, seperti kamar bayi dan upgrade kelas, suami setuju. Lalu jam 3 suami di panggil lagi oleh bpjs dengan karyawan bpjs yg berbeda, dan ternyataaaa bun biayanya ga di cover semua oleh bpjs. Padahal pas awal mau daftar pihak bpjs bilang semua di cover.
Katanya operasi SC saya beresiko tinggi, sulit, dan itu butuh biaya yg besar. Padahal dokter spog saya bilang cuman operasi SC biasa, trs saya langsung tanya dokter spog saya untuk diminta konfirmasi, eeeh dokternya malah blg "tanya langsung ke bpjsnya", ih ngeselin bgt bun.
Udah gitu, yg bikin suami saya kesal, di kertas rincian biayanya ada bekas coretan dan tip-x, jadi intinya kami kaya di permainkan pihak RS. Huh kesel saya bun.

Langsung deh suami cari opsi lain, karena kami takut makin lama makin di permainkan. Bukan masalah biaya, cuman pas awal aja udah kaya gitu, gimana kalo nanti mereka blg bayi kami kenapa2 padahal sehat2 aja. Kan repot bun.
Trs suami langsung ke RS sariningsih, disitu bpjsnya mengcover semua (lahiran normal atau SC)
Saya pindah deh bun ke RS sariningsih pada jam 7 malam.
Alhamdulillah langsung ketemu dokter spog (dokter deddy), orangnya baiiiiiiiiiiiiikk banget bun, sampe beliau yang carikan kamar untuk saya karena pada saat itu semua kamar kelas 1 , kelas vip dan kamar utama sudah full, terus saya di tempatkan sementara di kamar melati (kamar baru isi 5 bed tapi masih kosong bun jadi disitu saya sendiri dan kamarnya bersih)
Besok setelah operasi, saya dapet kamar utama, kamarnya enak nyaman bersih, menurut saya pelayanannya juga bagus.

Di RS sariningsih, semua biaya persalinan SC saya di cover. Saya hanya membayar biaya selisih kamar (dari kamar kelas 1 ke kamar utama), biaya obat (krn obat dari bpjs kurang bagus) dan biaya makan haha krn makan dari RS cuman pagi dan siang ajah bun.
Susternya juga ga jutek ko bun meskipun kita pakai bpjs hehehe

Maaf ya bunda kepanjangan ceritanya 
Alhamdulillah saya dan dede bayi selamat dan sehat.
Menurut saya bpjs sangat membantu bun 


Sumber: http://ibuhamil.com/diskusi-umum/64656-sharing-tentang-melahirkan-menggunakan-bpjs-bandung.html#ixzz39wN9p9Ck

No comments:

Post a Comment