Sunday, November 23, 2014

Dinkes Sukabumi Targetkan 2019 JKN Mencapai 100 Persen


Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi mentargetkan pada tahun 2019 yang akan datang, pelayanan sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mencakup seluruh masyarakat. Ketika target terwujud, 100 persen warga Kabupaten Sukabumi mendapat pelayanan kesehatan yang ditanggung oleh JKN.
"Saat ini cakupan pelayanan JKN baru sekitar 50 persen dari jumlah penduduk sekitar 2,1 juta. Oleh karena itu, kami akan berusaha mewujudkan target cakupan pelayanan JKN sebanyak 100 persen," kata sekretaris Dinkes Kabupaten Sukabumi, H. Albani Nasution kepada klik-galamedia.com, Selasa (18/11/2014).
Pencanangan target tersebut, tambah Albani, disampaikan pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 yang diselenggarakan di Pantai Cibuaya, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi pada Senin (17/11/2014) lalu. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Dinkes Kabupaten Sukabumi untuk mencapai target tersebut.
Warga Kabupaten Sukabumi, ujar dia, menikmati berbagai program pelayanan kesehatan yang biayanya ditanggung pemerintah. Sampai bulan Oktober lalu, sebanyak 180 ribu warga terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan pada bulan Desember 2014, jumlahnya ditargetkan mencapai 200 orang.
"Dengan meningkatkan jaminan kesehatan yang ditanggung langsung pemerintah secara bertahap meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, " katanya.
Selain itu, tambah dia, sebanyak 920 ribu warga terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dananya disediakan oleh BPJS Kesehatan. Sesuai dengan target yang dicanangkan pada HKM ke-50, Dinkes terus mengupayakan penambahan jumlah warga yang pelayanan kesehatannya ditanggung oleh sistem JKN.
(http://www.klik-galamedia.com/)

No comments:

Post a Comment