Saturday, February 28, 2015

Buruh Tuntut Santunan Kematian Dan Kartu BPJS


Buruh Tuntut Santunan Kematian Dan Kartu BPJS
 Arus lalu lintas di jalan raya Pabean Sedati-Sidoarjo yang menjadi salah satu akses utama jalan dari Surabaya menuju Bandara Juanda Surabaya, senin siang (16/2) macet panjang akibat akibat aksi demo puluhan buruh sebuah pabrik plastik milik PT.KKI di jalan raya Pabean Sedati-Sidoarjo.

Meski aksi tidak dilakukan di badan jalan, namun karena lokasi aksi tepat berada di tepi jalan raya Pabean menyebabkan arus lalin menuju bandara mengalami kemacetan.

Dalam aksinya, buruh menutup paksa pintu masuk utama pabrik dan meminta manajemen pabrik untuk menemui karyawan didepan pabrik.

Buruh menuntut, agar pihak manajemen segera memberikan santunan kepada buruh yang meninggal akibat kecelakaan kerja dilingkungan pabrik. Selain itu, buruh juga meminta manajemen pabrik untuk segera menyerahkan kartu BPJS yang selama ini sudah menjadi hak buruh setelah dipotong upahnya setiap bulannya.

“Kita menuntut agar manajemen pabrik menghapus kebijakan yang merugikan buruh, diantaranya dengan memotong upah buruh jika terjadi kerusakan pada mesin produksi yang dioperasikan buruh,” kata perwakilan buruh, Eko Yulianto.
                 
Sayangnya, aksi demo puluhan buruh ini tidak ditanggapi serius oleh pihak manajemen pabrik. Meski pihak perwakilan buruh maupun kepolisian telah berusaha untuk melobby manajemen pabrik agar mau menemui buruh. Namun, tidak ada satupun perwakilan manajemen pabrik yang menemui buruh. (http://surabayanews.co.id)

No comments:

Post a Comment