Kepala Biro Administrasi Perekonomian Pemerintah Provinsi Jawa Timur Jumadi (tengah), bersama Kepala Kantor Regional 3 Otoritas Jasa Keuangan Jatim, Bali, Nusra Sukamto (kedua kanan), Deputi Direktur Bank Indonesia Surabaya Budi Widihartanto (kedua kiri), Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya Moh Bakri (kiri), dan Syariah Branches Head Bank CIMB Niaga Ani Noor Isfiani (kanan) menabuh rampak di sela acara sosialisasi tabungan haji CIMB Niaga Syariah di Surabaya, Rabu (25/11).
Kepala Biro Administrasi Perekonomian Pemerintah Provinsi Jawa Timur Jumadi (tengah), bersama Kepala Kantor Regional 3 Otoritas Jasa Keuangan Jatim, Bali, Nusra Sukamto (kedua kanan), Deputi Direktur Bank Indonesia Surabaya Budi Widihartanto (kedua kiri), Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya Moh Bakri (kiri), dan Syariah Branches Head Bank CIMB Niaga Ani Noor Isfiani (kanan) menabuh rampak di sela acara sosialisasi tabungan haji CIMB Niaga Syariah di Surabaya, Rabu (25/11). (ist/Investor Daily)
Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) mensosialisasikan beragam produk tabungan haji kepada masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Di Ibukota Provinsi Jawa Timur ini, CIMB Niaga Syariah menanamkan kepada masyarakat perjalanan ibadah haji bersama keluarga dapat direncanakan sejak dini dengan memanfaatkan produk tabungan haji dari CIMB Niaga Syariah.
“Melalui sosialisasi produk tabungan haji CIMB Niaga Syariah, kami ingin mengajak masyarakat Surabaya dan sekitarnya, untuk mulai merencanakan perjalanan ibadah haji ke Tanah Suci bersama keluarga sejak dini,” ungkap Chief Syariah Banking Bank CIMB Niaga Pandji P Djajanegara dalam siaran pers yang diterima Investor Daily, Rabu (25/11).
Hanya dengan setoran awal Rp 100 ribu, lanjut Pandji, nasabah sudah dapat mengakses iB Pahala Haji, yakni tabungan dalam mata uang rupiah untuk nasabah perorangan yang berbasis syariah dengan prinsip mudharabah.
Tujuan penggunaan dananya untuk setoran pendaftaran maupun pelunasan haji. Salah satu keunggulan iB Pahala Haji adalah keterhubungan dengan sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) Kementerian Agama Republik Indonesia.
Dengan demikian, nasabah yang jumlah tabungannya telah memenuhi jumlah minimum syarat pendaftaran haji, secara pasti bisa mendaftarkan diri menjadi calon jamaah haji, dan mendapat nomor porsi untuk keberangkatan haji.
Adapun iB Rencana Haji adalah tabungan berjangka dalam mata uang rupiah, untuk nasabah perorangan yang berbasis syariah dengan prinsip mudharabah. Tujuan penggunaan dananya untuk setoran pendaftaran maupun pelunasan haji dengan sistem auto debet setoran rutin bulanan.
Sedangkan untuk segmen anak-anak, lanjut Pandji, CIMB Niaga Syariah juga telah menyiapkan produk khusus bertajuk Tabungan iB CIMB Junior. Ini adalah tabungan reguler bagi perorangan yang menyasar anak-anak mulai 0 tahun sampai usia 18 tahun, untuk keperluan pribadi, biaya sekolah, maupun kebutuhan pembayaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).
Salah satu keistimewaan sekaligus fitur terbaru dari produk ini adalah keterhubungan dengan Siskohat Kementerian Agama.
Kerja sama dengan KBIH, BMT, dan BPRS.
Sebagai bagian dari upaya mensosialisasikan pentingnya menabung untuk merencanakan dan mempersiapkan ibadah haji sejak dini, CIMB Niaga Syariah menggandeng sejumlah kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH), baitul maal bit tamlik (BMT), dan bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) di wilayah tersebut.
Kemitraan tersebut diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama bertajuk Langkah Pasti Penyempurna Ibadah bersama Tabungan Haji CIMB Niaga Syariah, antara CIMB Niaga Syariah dengan KBIH Multazam, KBIH Raudhah, BMT Mandiri Sejahtera, dan BPRS Amanah Sejahtera.
Jaringan kantor CIMB Niaga Syariah secara bankwide per 30 September 2015 mencapai 682, baik kantor cabang syariah, kantor cabang pembantu syariah, maupun office chanelling. Per 30 September 2015, CIMB Niaga Syariah berhasil mencatatkan perolehan dana pihak ketiga sebesar Rp 7,85 trilliun, tumbuh 60,9% secara year on year (yoy) dan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 6,91 trilliun yang naik 17,1% (http://www.beritasatu.com/)