Sunday, August 13, 2017

Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan Hadir di Bogor


Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan Hadir di Bogor
BPJS Ketenagakerjaan melakukan terobosan perluasan kepesertaan dengan membuat loket pelayanan dalam kantor desa. Foto/Haryudi
A+ A-

BOGOR - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) wilayah Bogor, Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Desa Kemang, Kabupaten Bogor melakukan terobosan perluasan kepesertaan dengan membuat loket pelayanan dalam kantor desa. Kepala desan turun langsung menyampaikan manfaat dan ikut memfasilitasi pelayanan diharapkan masyarakat akan lebih mudah menjadi peserta.

"Program ini yang pertama di Kabupaten Bogor, Kepala Desanya berkomitmen membuka loket pelayanan di sini," kata Kepala Kantor Cabang BPJS-TK Bogor Kota Chairul Arianto pada acara Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Desa Kemang.

Lebih lanjut Ia menerangkan loket bisa berfungsi sebagai tempat pendaftaran dan pembayaran iuran setiap bulan masyarakat sekitar yang kesulitan menjangkau bank atau tempat pembayaran mitra BPJS-TK lainnya. Hal ini bermanfaat pula bagi BPJS-TK dari peserta usaha mandiri seperti bertani hingga ojeg motor dan bukan pemerima upah (informal) lainnya yang biasanya perlu bimbingan informasi. 

Dengan membayar sebesar Rp16.800 bagi peserta bukan penerima upah, keuntungan yang didapat berupa jaminan biaya perawatan kecelakaan kerja yang tidak berbatas, tunjangan kematian sebesar Rp24 juta hingga Rp48 juta dan tambahan beasiswa bagi anak yang ditinggalkan menjadi hak peserta.

Program ini merupakan respons dan kepedulian pemerintah untuk mengatasi masalah sosial kepada masyarakat secara keseluruhan sesuai kemampuan bayar. Artinya, kata dia bagi masyarakat pekerja sektor informal maupun pekerja lepas bisa mendapat bantuan untuk menghitung berapa kemampuan iuran dan manfaat yang bisa diterima. "Untuk syaratnya sendiri mudah untuk sektor informal, hanya KTP dan jika desa ini sudah bisa daftar di loket desa," tambahnya. 

Sedangkan untuk pegawai perusahaan yang memiliki izin usaha menjadi tanggung jawab perusahaan untuk mendaftarkan dan iuran melalui pemotongan sekitar dua persen dari gaji. Ia menyampaikan informasi sosialisasi melalui surat edaran di 413 desa dari 40 kecamatan Kabupaten Bogor sudah disampaikan untuk tindak lanjut sosialisasi bersama pemerintah setempat.

Kepala Desa Kemang Entang Suana mengatakan dari sekitar 15 ribu jiwa penduduk dengan 4 ribu kartu keluarga di wilayahnya rata-rata berprofesi sebagai buruh serabutan atau pegawai lepas. Dari jumlah tersebut baru sekitar 250 orang dari kalangan pegawai pemerintahan desa dan petugas Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) yang kini memiliki kartu BPJS-TK sebagai percontohan kepada warga.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kepesertaan Ia terus gencar menyosialisasikan manfaat jaminan sosial tersebut sebagai solusi saat kejadian tak terduga pada masyarakat desa secara umum. Contohnya, ia memberi pengertian ketika ada anggota keluarga meninggal biasanya mulai dari penguburan hingga doa bersama tujuh hari berturut-turut warga bisa menghabiskan Rp7-8 juta.

Seandainya telah menjadi anggota BPJS-TK, kata Entang maka keluarga yang ditinggalkan tidak perlu bingung untuk mengeluarkan dana karena ada klaim Rp24 juta dan manfaat lainnya.  Ia mengaku melakukan sosialisasi keliling pada acara tujuh harian warga yang meninggal untuk mengajak warga sadar jaminaN sosial itu. "Sekarang warga juga sudah banyak yang daftar karena ada loket, mereka sudah tahu manfaat sedikit demi sedikit," katanya.



(https://ekbis.sindonews.com/read/1229186/34/desa-sadar-bpjs-ketenagakerjaan-hadir-di-bogor-1502366754)

No comments:

Post a Comment