Thursday, October 3, 2013

Jaminan Kesehatan Indonesia Masih Tertinggal



Jaminan kesehatan di Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan dengan negara tetangga seperti Thailand dan Philipina. Di kedua negara itu semua warga dijamin kesehatannya dengan membayar iuran premi yang relatif murah.

"Seperti di Philipina tiap warga baik yang kaya atau miskin membayar iuran 12 Baht dan nantinya akan dijamin pelayanan kesehatannya," kata Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, saat meresmikan kantor PT Askes cabang Soreang, Senin (30/9).

Menurut Dadang Naser, lebih baik pemerintah pusat mengalokasikan anggaran untuk membayar biaya kesehatan dan pendidikan. "Lebih baik Bantuan Langsung Sosial Masyarakat (BLSM) jangan berbentuk uang karena merepotkan. Namun, gunakan BLSM untuk menbayar premi kesehatan atau membantu pendidikan," katanya.

Dengan pemerintah membayar premi kesehatan semua warga sehingga warga akan mendapatkan pelayanan kesehatan dasar secara cuma-cuma. "Kalau ada warga yang mampu ingin mendapatkan pelayanan lebih tinggi membayar premi lebih tinggi," katanya. (www.pikiran-rakyat.com)

No comments:

Post a Comment