LAYANAN PROAKTIF OTOMATIS Setelah tetap dipercaya pemerintah sebagai pengelola asuransi pensiun pegawai negeri, PT Taspen (Persero) terus membuka terobosan baru untuk meningkatkan pelayanan. Salah satunya yakni layanan proaktif otomatis, dimana layanan ini jemput bola ke peserta Taspen dalam urusan pensiunannya. “Kami paham bahwasanya pelayanan itu hal yang utama. Makanya kami terus berbenah memanjakan peserta Taspen dengan prinsip, cepat, mudah dan ramah,” kata Direktur Operasional PT Taspen (Persero), Ermanza didampingi Kepala Cabang Utama Taspen Medan, Herry Avianto, Kepala Cabang Taspen Padang, Jhon Irwan dan Humas Taspen Padang, Alex usai pelaksanaan Raker Taspen Wilayah I Sumatera di Gedung Taspen Cabang Padang, Jalan Sudirman Padang, kemarin. Dia menjelaskan, layanan proaktif otomatis yang merupakan salah satu sasaran utama dalam Roapmap Taspen 2014-2029 diwujudkan dengan memperkuat sistem teknologi informasi di tubuh perusahaan tersebut. Teknologi itu menyimpan database peserta melalui file elektronik atau program Electronic File System (EFS). Program tersebut yang mengolah data base peserta sehingga menghasilkan informasi yang dibutuhkan, baik itu masa pensiun peserta ataupun berkas persyaratan yang dibutuhkan. “Makanya, sistem otomatis ini memberitahukan kapan peserta pensiun. Dengan demikian begitu SK pensiun keluar, Taspen juga langsung serahkan dana Taspennya. Dan ini sudah mulai kami terapkan, namun baru setingkat pejabat negara. Kami targetkan 2018 sudah bisa melayani seluruh peserta golongan IV C dan selanjutnya tentunya kepada seluruh peserta secara bertahap,” jelas pria asal Solok itu. Sistem komputerisasi EFS tersebut juga didukung layanan lainnya yang telah electronis seperti Otentifikasi Peserta, Smart-Card, e-KARIP dan e-Banking serta mobil pelayanan keliling yang juga menggunakan layanan electronic. “Sistem komputerisasi ini juga telah diterapkan di Padang. Bahkan, beberapa waktu lalu ketika kami memproses klaim asuransi Bapak Mahyeldi yang waktu itu sebagai Wakil Walikota Padang, beliau terkejut setelah diberi tahu oleh pegawai Taspen. Nah, sistem inilah yang mengingatkan kita segala urusan di Taspen ini. Begitu juga kepada peserta lainnya, kami akan jemput bola dalam pelayanan ini,” ujarnya. Sementara itu, Kacab Utama Taspen Medan, Herry Avianto menambahkan, peningkatan layanan itu merupakan tema dari Raker Taspen 2015 yakni Meningkatkan Daya Saing, Mengembangkan Produk dan Layanan untuk Mempercepat Eksistensi PT Taspen dengan Penyelenggaraan Program Mensejahterakan Aparat Sipil Negara dan Pejabat Negara. Raker Taspen yang berlangsung dua hari tersebut diikuti seluruh kepala cabang wilayah I Sumatera yakni selain Padang dan KCU Medan, Darius Chaniago (Kacab Banda Aceh), Aceng Sudarja (Kacab Pematang Siantar), Edison Situmorang (Kacab Tanjung Pinang), Tamsir (Kacab Pekanbaru), Bambang Nur Cahyono (Kacab Jambi) dan Ratmo (Kacab Bukittinggi) serta pegawai Taspen Padang. Pada Roapmap Taspen 2014-2029 itu juga dijelaskan bahwasanya Taspen tetap menyelenggarakan Program Jaminan Sosial Nasional kepada pensiunan yang terdiri dari, jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian. (http://www.harianhaluan.com) |
Tuesday, January 27, 2015
SK Pensiun Dibarengi Dana Taspen
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment