Banyak karyawan lupa arti penting persiapan pensiun lantaran sibuk bekerja.
Untuk itu Dana Pensiun Astra mengajak karyawan mempersiapkan diri secara baik
agar nyaman di hari tua.
Dana Pensiun Astra (DPA) terus aktif
mensosialisasikan pentingnya mempersiapkan pensiun bagi para kayawan di Astra
Group. Akhir tahun lalu, bekerja sama dengan PT Komatsu Remanufacturing Asia
(PT KRA), DPA melakukan sosialisasi untuk karyawan PT KRA di Balikpapan,
Kalimantan Timur. Sosialisasi ini dihadiri
oleh 167 peserta, di mana 157 di antaranya belum pernah mengikuti sosialisasi DPA.
Sosialisasi ini diadakan di dua
plant PT KRA yang terletak di
Balikpapan. Peserta yang hadir menunjukkan antusias yang tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta
kepada narasumber. Salah satu informasi yang menjadi perhatian utama peserta
adalah kapan manfaat pensiun dapat diklaim. DPA menjelaskan bahwa manfaat
pensiun dapat diklaim oleh peserta segera setelah peserta tidak lagi bekerja di
Astra Group. Pada itu DPA juga menginformasikan pengetahuan dasar tentang Dana
Pensiun Astra serta jenis investasi yang dimiliki DPA dan hasil investasinya.
Sebelumnya, pada pertengahan tahun 2011, DPA
telah mengadakan sosialisasi Program Persiapan Pensiun (P3), yaitu tahap 1
angkatan 11, yang diperuntukkan bagi peserta DPA yang akan memasuki masa
pensiun pada tahun 2013-2014. Program ini dihadiri oleh 141 peserta dari 28
perusahaan. Tahap satu dari Program Persiapan Pensiun ini telah diikuti oleh
1.412 peserta sejak tahun 2008.
Dalam sambutannya, Direktur PT Astra
International Tbk, Johnny Darmawan, menyampaikan pentingnya persiapan pensiun
bagi setiap karyawan karena banyak karyawan yang lupa akan persiapan pensiunnya
lantaran sibuk bekerja. Program ini diharapkan mampu
mempersiapkan karyawan Astra Group untuk memasuki masa pensiun secara lebih baik.
Pada kesempatan itu DPA
menyarankan bagi setiap peserta DPA yang telah memenuhi syarat (berumur sekitar 53 tahun) agar segera menghubungi
divisi HRD masing-masing untuk dapat
diikutsertakan pada Program Persiapan Pensiun.
DPA yang didirikan pada tahun 1986 oleh
founder PT Astra International Tbk, Wiliam Soerjadjaja da keluarganya, kini
terus berusaha memperjuangkan akan karyawan-karyawan Astra Group yang akan
memasuki masa pensiun dapat mempersiapkan diri secara baik. Hal ini tak terlepas
dari filosofi yang diusung DPA, yakni memperjuangan kesejahteraan sosial yang
layak bagi karyawan di hari tua.
Dan untuk mencapai kesejahteraan itu
dibutuhkan adanya usaha bersama untuk memupuk dana sebagai bekal hidup yang
layak bagi karyawan dan atau keluarganya saat memasuk masa pensiun atau
meninggal dunia. Pada awal berdirinya, 11 perusahaan bergabung sebagai mitra
pendiri dengan peserta aktif sebanyak 8.361 orang. DPA diwadahi dalam bentuk
Yayasan Dana Pensiun Astra pada tanggal 1 Januari 1987. Kini sudah 110
perusahaan bergabung sebagai mitra DPA.
Karyawan yang mengikuti program DPA wajib
membayar iuran melalui pemotongan gaji setiap bulan. Hak peserta DPA antara
lain mendapatkan manfaat pensiun sesuai dengan ketentuan; memperoleh informasi
yang terkiat saldo iuran dan laporan investasi; memilih perusahaan asuransi
untuk membeli produk anuitas; dan memonitor perkembangan proses klaim manfaat
pensiun ke HRD masing-masing.
Manfaat dana pensiun bagi peserta adalah
memperoleh jaminan kesinambungan penghasilan purna tugas bagi diri sendiri,
bagi isteri/suami dan anak-anaknya, dan kesejahteraan di hari tua bagi diri dan
keluarga. Dengan mengikutsertakan para karyawan menjadi peserta DPA berarti
perusahaan di lingkungan Astra Group memberikan perhatian kepada karyawannya
untuk kelangsungan hidupnya setelah berhenti bekerja dari perusahaan. Adanya
jaminan kesinambungan penghasilan akan memberi rasa aman karyawan di masa
depan. ***
=============================
Mempermudah Jalur Komunikasi
Hingga Agustus 2011, peserta aktif Dana
Pensiun Astra telah mencapai 114.966 orang dan pasif sebanyak 21.872 orang,
yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Dengan jumlah yang semakin
meningkat dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, penting bagi DPA untuk
membangun jalur komunikasi yang mudah diakses para peserta. DPA pun membuatkan
jalur komunikasi yang beragam untuk memudahkan peserta dalam mengakses info
mengenai DPA antara lain saldo manfaat pensiun, hasil pengembangan dan tata
cara klaim serta menyampaikan saran dan pendapat kepada DPA.
Saran dan pendapat ini dapat menampung
hal-hal yang menjadi perhatian dan harapan peserta. Dengan begitu, DPA dapat
memberikan pelayanan yang lebih baik sebagai upaya untuk memenuhi amanat yang
tercantum dalam Peraturan Dana Pensiun pasal 16 ayat 16 tentang tata cara
penyampaian saran dan pendapat oleh peserta kepada Pengurus, Pendiri, dan Dewan
Pengawas.
Untuk mencapai kemudahan tersebut, hingga akhir
tahun 2011, DPA telah memiliki sembilan jalur komunikasi yang dapat diakses
seluruh peserta untuk menyampaikan saran dan pendapat. Jalur-jalur
tersebut antara lain:
·
Halo DPA di 021.6530.9009
·
Email melalui CS@dapenastra.com
·
Website DPA di
www.dapenastra.com
·
Facebook page
DPA di www.facebook.com/dapenastra
·
Fans Page DPA
di www.facebook.com/pagedapenastra
·
Twitter DPA di
www.twitter.com/dapenastra
·
Booth Dana
Pensiun Astra yang secara bergilir berdiri di beberapa mitra pendiri DPA
·
Sosialisasi yang sering
diadakan untuk peserta baik di dalam kota maupun luar kota
·
Surat-menyurat langsung ke
alamat DPA di Gedung Grha SERA lantai 8 Jalan Mitra Sunter Blvd Blok C2 Kav 90 Sunter,
Jakarta Utara
Selain itu DPA juga sedang mengembangkan SMS
center sebagai jalur komunikasi baru untuk peserta. Semoga dengan jalur
komunikasi yang ada peserta dapat lebih mudah dalam menyampaikan saran dan
pendapat untuk perbaikan DPA di kemudian hari.
No comments:
Post a Comment