Wednesday, January 9, 2013

DP Astra Aktif Persiapkan Pensiun Karyawan


Banyak karyawan lupa arti penting persiapan pensiun lantaran sibuk bekerja. Untuk itu Dana Pensiun Astra mengajak karyawan mempersiapkan diri secara baik agar nyaman di hari tua.

Dana Pensiun Astra (DPA) terus aktif mensosialisasikan pentingnya mempersiapkan pensiun bagi para kayawan di Astra Group. Akhir tahun lalu, bekerja sama dengan PT Komatsu Remanufacturing Asia (PT KRA), DPA melakukan sosialisasi untuk karyawan PT KRA di Balikpapan, Kalimantan Timur. Sosialisasi ini dihadiri oleh 167 peserta, di mana 157 di antaranya belum pernah mengikuti sosialisasi DPA.

Sosialisasi ini diadakan di dua plant PT KRA yang terletak di Balikpapan. Peserta yang hadir menunjukkan antusias yang tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta kepada narasumber. Salah satu informasi yang menjadi perhatian utama peserta adalah kapan manfaat pensiun dapat diklaim. DPA menjelaskan bahwa manfaat pensiun dapat diklaim oleh peserta segera setelah peserta tidak lagi bekerja di Astra Group. Pada itu DPA juga menginformasikan pengetahuan dasar tentang Dana Pensiun Astra serta jenis investasi yang dimiliki DPA dan hasil investasinya.

Sebelumnya, pada pertengahan tahun 2011, DPA telah mengadakan sosialisasi Program Persiapan Pensiun (P3), yaitu tahap 1 angkatan 11, yang diperuntukkan bagi peserta DPA yang akan memasuki masa pensiun pada tahun 2013-2014. Program ini dihadiri oleh 141 peserta dari 28 perusahaan. Tahap satu dari Program Persiapan Pensiun ini telah diikuti oleh 1.412 peserta sejak tahun 2008.

Dalam sambutannya, Direktur PT Astra International Tbk, Johnny Darmawan, menyampaikan pentingnya persiapan pensiun bagi setiap karyawan karena banyak karyawan yang lupa akan persiapan pensiunnya lantaran sibuk bekerja. Program ini diharapkan mampu mempersiapkan karyawan Astra Group untuk memasuki masa pensiun secara lebih baik.

Pada kesempatan itu DPA menyarankan bagi setiap peserta DPA yang telah memenuhi syarat (berumur sekitar 53 tahun) agar segera menghubungi divisi HRD masing-masing untuk dapat diikutsertakan pada Program Persiapan Pensiun.

DPA yang didirikan pada tahun 1986 oleh founder PT Astra International Tbk, Wiliam Soerjadjaja da keluarganya, kini terus berusaha memperjuangkan akan karyawan-karyawan Astra Group yang akan memasuki masa pensiun dapat mempersiapkan diri secara baik. Hal ini tak terlepas dari filosofi yang diusung DPA, yakni memperjuangan kesejahteraan sosial yang layak bagi karyawan di hari tua.

Dan untuk mencapai kesejahteraan itu dibutuhkan adanya usaha bersama untuk memupuk dana sebagai bekal hidup yang layak bagi karyawan dan atau keluarganya saat memasuk masa pensiun atau meninggal dunia. Pada awal berdirinya, 11 perusahaan bergabung sebagai mitra pendiri dengan peserta aktif sebanyak 8.361 orang. DPA diwadahi dalam bentuk Yayasan Dana Pensiun Astra pada tanggal 1 Januari 1987. Kini sudah 110 perusahaan bergabung sebagai mitra DPA.

Karyawan yang mengikuti program DPA wajib membayar iuran melalui pemotongan gaji setiap bulan. Hak peserta DPA antara lain mendapatkan manfaat pensiun sesuai dengan ketentuan; memperoleh informasi yang terkiat saldo iuran dan laporan investasi; memilih perusahaan asuransi untuk membeli produk anuitas; dan memonitor perkembangan proses klaim manfaat pensiun ke HRD masing-masing.
Manfaat dana pensiun bagi peserta adalah memperoleh jaminan kesinambungan penghasilan purna tugas bagi diri sendiri, bagi isteri/suami dan anak-anaknya, dan kesejahteraan di hari tua bagi diri dan keluarga. Dengan mengikutsertakan para karyawan menjadi peserta DPA berarti perusahaan di lingkungan Astra Group memberikan perhatian kepada karyawannya untuk kelangsungan hidupnya setelah berhenti bekerja dari perusahaan. Adanya jaminan kesinambungan penghasilan akan memberi rasa aman karyawan di masa depan. ***  

=============================
Mempermudah Jalur Komunikasi
Hingga Agustus 2011, peserta aktif Dana Pensiun Astra telah mencapai 114.966 orang dan pasif sebanyak 21.872 orang, yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Dengan jumlah yang semakin meningkat dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, penting bagi DPA untuk membangun jalur komunikasi yang mudah diakses para peserta. DPA pun membuatkan jalur komunikasi yang beragam untuk memudahkan peserta dalam mengakses info mengenai DPA antara lain saldo manfaat pensiun, hasil pengembangan dan tata cara klaim serta menyampaikan saran dan pendapat kepada DPA.

Saran dan pendapat ini dapat menampung hal-hal yang menjadi perhatian dan harapan peserta. Dengan begitu, DPA dapat memberikan pelayanan yang lebih baik sebagai upaya untuk memenuhi amanat yang tercantum dalam Peraturan Dana Pensiun pasal 16 ayat 16 tentang tata cara penyampaian saran dan pendapat oleh peserta kepada Pengurus, Pendiri, dan Dewan Pengawas.

Untuk mencapai kemudahan tersebut, hingga akhir tahun 2011, DPA telah memiliki sembilan jalur komunikasi yang dapat diakses seluruh peserta untuk menyampaikan saran dan pendapat. Jalur-jalur tersebut antara lain:
·          Halo DPA di 021.6530.9009
·         Email melalui CS@dapenastra.com
·         Website DPA di www.dapenastra.com
·         Facebook page DPA di www.facebook.com/dapenastra
·         Fans Page DPA di www.facebook.com/pagedapenastra
·         Twitter DPA di www.twitter.com/dapenastra
·         Booth Dana Pensiun Astra yang secara bergilir berdiri di beberapa mitra pendiri DPA
·         Sosialisasi yang sering diadakan untuk peserta baik di dalam kota maupun luar kota
·         Surat-menyurat langsung ke alamat DPA di Gedung Grha SERA lantai 8 Jalan Mitra Sunter Blvd Blok C2 Kav 90 Sunter, Jakarta Utara
Selain itu DPA juga sedang mengembangkan SMS center sebagai jalur komunikasi baru untuk peserta. Semoga dengan jalur komunikasi yang ada peserta dapat lebih mudah dalam menyampaikan saran dan pendapat untuk perbaikan DPA di kemudian hari.

No comments:

Post a Comment