Friday, March 22, 2013

Seluruh RS Swasta Kota Sukabumi Terima Jamkesmas


Seluruh rumah sakit swasta di Kota Sukabumi, Jawa Barat, bersedia menerima pasien pengguna Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Kota Sukabumi.

"Kami sudah melakukan pertemuan dan membahas dengan pihak rumah sakit, Dinas Kesehatan dan lembaga penjamin seperti PT Askes Sukabumi-Cianjur. Hasilnya, seluruh rumah sakit swasta bersedia melayani dan merawat pasien Jamkesmas serta JPKKS," kata Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Hanafie Zein, Jumat (22/3/2013).

Terdapat tiga RS Swasta di Kota Sukabumi, yakni Assyifa, Kartika Medika, dan Hermina. Dengan demikian, selain berobat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R. Syamsudin Kota Sukabumi, warga penerima Jamkesmas dan JPKKS bisa berobat ke tiga RS swasta tersebut.

Menurut Hanafie, langkah ini dilakukan sebagai salah satu persiapan menjelang dilaksanakannya Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) pada 2014. Meski menyetujui, pihak RS swasta masih kebingungan terkait jumlah tempat tidur, khususnya ruang kelas III.

"Berdasarkan data yang ada saat ini, jumlah warga Kota Sukabumi yang terakomodasi program Jamkesmas dan JPKKS pada awalnya 40 ribu, namun saat ini mencapai 100 ribu orang," tutur dia.

Hanafie menegaskan, apabila ada RS swasta yang tidak melayani Jamkesmas dan JPKKS, akan langsung dilaporkan ke pemerintah pusat untuk diberikan sanksi sesuai peraturan dan undang-undang pelayanan kesehatan.

"Meski demikian, kami juga tetap memikirkan dan mencari solusi terkait lonjakan warga yang datang ke RS swasta untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Kami akan membahasnya untuk mencari teknis dan mekanisme pelayanannya terbaik," ujar Hanafie. (Antara)

No comments:

Post a Comment