Saturday, October 12, 2013

Askes: Peserta BPJS Tinggal "Cap Jempol"

PT Askes (Persero) secara resmi akan berganti nama menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada Januari 2014. Bersamaan dengan hal tersebut, berbagai bentuk pelayanan pun akan diperbaharui.

Salah satu yang dilakukan yakni identifikasi data melalui cap jempol. "Nantinya bagi anggota tinggal cap jempol saja (screen jempol) sudah keluar datanya," ujar Dirut Askes Fahmi Idris di kantornya, Jakarta, Kamis (10/10/2013). 

Fahmi melanjutkan, pihaknya saat ini telah memiliki lebih dari 1.000 rumah sakit. Adapun Rumah Sakit tersebut, yakni milik peserta rumah sakit Jamkesmas itu provider Askes.

"Di luar itu, ada juga swasta. Artinya hingga saat ini seluruh kabupaten kota rumah sakitnya sudah ada Jamkesmas. Jadi semuanya. Di antaranya ada swasta juga,"katanya.

Meski seluruh kabupaten kota sudah ada rumah sakit partner BPJS, Fahmi menuturkan untuk daerah-daerah tertentu sulitnya jangkauan jaringan telekomunikasi bisa menjadi hambatan. "Itu tergantung jaringannya. Kalau jaringan internet cepat ya cepat,"tambahnya.


Lebih lanjut Fahmi mengatakan, seluruh proses menggunakan IT di kelola sendiri oleh Asekes. "IT- nya kita buat sendiri. Kalau kita tidak pernah pakai IT luar. Nanti bahaya," pungkasnya. (economy.okezone.com)

No comments:

Post a Comment