Saturday, October 12, 2013

Dana JHT Rp60 T Sudah Disalurkan




Direktur Pelayanan PT Jamsostek (Persero) Ahmad Riyadi mengungkapkan, dari Rp143 Triliun dana Jaminan Hari Tua (JHT) yang dikelola BUMN ini, sekitar Rp60 triliun telah dialokasikan untuk membayar santunan. Ke depan, kata Ahmad, program manfaat tambahan bagi peserta Jamsostek akan lebih ditingkatkan.

“Kendati 1 Januari kita berganti baju menjadi BPJS Ketenagakerjaan,manfaat tambahan seperti medical check up (MCU) akan terus dilakukan dan diselaraskan dengan program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja. Insya Allah akan terus dilakukan,” ungkapnya di sela acara MCU bagi 1000 tenaga kerja yang di pusatkan di pabrik Mulia Ceramic,di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, kemarin.

Selain MCU untuk 20 perusahaan di lokasi itu, Jamsostek juga memberikan layanan dan sosialisasi K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dengan membagikan 100 set alat K3 pengobatan gratis untuk 450 pekerja serta pemberian tablet zat besi bagi 1000 pekerja wanita.

Ahmad memaparkan, di BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan nantinya, juga akan terjadi peningkatan manfaat lebih banyak. “Jika selama ini ada batasan program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) untuk rawat inap sebesar Rp20 juta, ke depan tidak ada lagi batasan. Semua biaya ditanggung pemerintah, sampai sembuh sesuai indikasi medis.”

Ahmad juga memaparkan perkembangan jumlah peserta JPK yang sudah mencapai 305 juta sedangkan jumlah JPK tertanggung mencapai 8 juta. “Semua ini nantinya akan dialihkan ke BPJS Kesehatan. Yang pasti kualitas pelayanan tidak boleh mengurangi manfaat yang sudah ada, justru harus lebih ditingkatkan.”

Ia juga memaparkan dalam BPJS Ketenagakerjaan, tidak akan terjadi pengalihan program Jaminan Hari Tua (JHT) ke program dana pensiun yang nantinya dikelola BPJS Ketengakerjaan.

Sedangkan untuk memudahkan bagi peserta mengakses pelayanan, pihaknya membangunan kotak layanan kontak senter di nomor 500910. “Kita juga sediakan layanan melalui situs internet twitter dan facebook, untuk memudahkan peserta mengakses layanan kita khususnya yang berada pelosok tanah air.” (www.harianterbit.com)

No comments:

Post a Comment