Saturday, October 5, 2013

Klaim Asuransi Umum Tembus Rp 7,67 Triliun



* Semester I 2013
Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatat total klaim asuransi umum yang telah dibayarkan ke pemilik polis hingga semester I 2013 mencapai Rp 7,67 triliun.
Kepala Bidang Statistik, Teknologi Informasi, Riset dan Analis AAUI Budi Heriawan mengungkapkan, dari total klaim tersebut lini usaha untuk kendaraan bermotor masih menjadi lini yang paling mendominasi.

"Peningkatan klaim tertinggi tercatat pada lini usaha asuransi kendaraan bermotor yang mengalami kenaikan klaim bruto sebesar Rp 419 miliar," ungkapnya di Kantor AAUI di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Jumat (4/10/2013).

Total klaim dalam kurun semester I ini meningkat 1,2% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2012. Hal serupa juga dialami pada bagian premi bruto asuransi umum pada semester I yang menunjukkan peningkatan 10,2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Kalau premi bruto asuransi umum pada semester I ini sebesar Rp 20,82 triliun, ini meningkat 10,2% kalau dibanding semster I tahun lalu," terang dia.

Berbeda dengan klaim bruto, dalam premi bruto sektor harta benda menjadi lini yang mengalami pertumbuhan lebih tinggi dibanding lini kendaraan bermotor.

Premi bruto lini harta benda semster I tahun 2013 mencatat pertumbuhan 18,3% atau sekitar Rp 948 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Analisa ini merupakan hasil kompilasi data dari perusahaan Asuransi umum dan Reasuransi dikumpulkan secara rutin setiap triwulanan yang didapatkan langsung dari anggota AAUI dan merupakan data unaudited," pungkas Budi. (bisnis.liputan6.com)

No comments:

Post a Comment