Tuesday, June 10, 2014

Manulife: Usia Pensiun di Indonesia Masih Terlalu rendah


Manulife: Usia Pensiun di Indonesia Masih Terlalu rendah
Logo Manulife

Batasan usia pensiun bagi penduduk Indonesia masih terlalu rendah. Dibandingkan negara lain di Asia Tenggara, batasan usia pensiun di indonesia masih sangat rendah dengan umur 55 tahun.
"Ini masih rendah, padahal usia pensiun negara lain di Asia Tenggara masih tinggi," kata Chief Employee Benefits PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Nur Hasan Kurniawan di jakarta, selasa (10/6/2014).
Ia menjelaskan usia pensiun penduduk Singapura mencapai 62 tahun, penduduk Taiwan mencapai 65 tahun, penduduk Malaysia mencapai 60 tahun, bahkan penduduk Australia mencapai 70 tahun.
"Usia pensiun mereka malah naik, ini sejalan dengan piramida penduduk yang berbentuk geranat dengan besar di bagian tengah," katanya.
Padahal menurut survei manulife, sekitar 73 persen respondennya menginginkan penambahan usia pensiun. Hal ini untuk menambah peluang kerja yang memperbanyak kesempatan untuk berinvestasi pada saat pensiun.
Dalam survey yang dilakukan pada periode Februari hingga Maret 2014 ini diperoleh bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mempersiapkan pendanaan untuk masa pensiunnya di hari tua.
"42 persen responden yang sudah mempersiapkan dana pensiun, merasa kurang atau merasa seharusnya bisa menyimpan lebih banyak lagi dana investasi untuk masa tuanya. Dan 34 persen merasa seharusnya bisa memulai menabung lebih awal yaitu mulai 25 tahun," katanya.
Survey ini dilakukan terhadap 500 responden di Jakarta, Surabaya dan Medan. Dengan rincian 50 persen warga Jakarta dan sisanya warga Surabaya dan Medan. (Sumber: www.tribunnews.com)

No comments:

Post a Comment