Sunday, September 28, 2014

Wisata Bahari Padaido-Biak Numfor

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESPulau Rurbas kecil di gugusan Pulau Padaido, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis (5/7/2012). Gugusan pulau Padaido merupakan salah satu tujuan wisata bahari yang ada di Kabupaten Biak Numfor. Di gugusan kepulauan ini terdapat puluhan titik selam dengan keindahan terumbu karang dan ratusan spesies ikan.
Bupati Kabupaten Biak Numfor terpilih periode 2014-2019 Yesaya Sumbok mengatakan wisata bahari di Kepulauan Padaido akan dikembangkan untuk menjadi salah satu tujuan wisata andalan. "Daerah itu memiliki keunikan dan daya tarik sendiri bagi Biak Numfor," kata Bupati Yesaya Sumbok kepada Antara Jayapura sesaat sebelum berangkat ke Biak, Selasa (11/3/2014).

Ia mengatakan gugusan pulau-pulau Padaido yang berjumlah puluhan itu dengan alam bawah laut yang indah akan dikembangkan untuk mendukung pendapatan asli daerah setempat.

"Tentunya Pemkab Biak Numfor akan menggandeng sejumlah pihak, investor dan juga pemerhati lingkungan, dan tetap memberdayakan masyarakat asli setempat sebagai pemilik hak ulayat," katanya.

Untuk itu, Yesaya sudah berkoordinasi dan membangun komunikasi dengan salah satu yayasan milik Yorrys Raweyai guna melihat lebih dekat potensi apa saja yang bisa dikembangkan di Kepulauan Padaido.

"Beberapa waktu lalu saya sudah berbicara dengan Pak Yorrys terkait wisata Padaido ini. Dan segera kami tindak lanjuti sebagai salah satu tempat wisata terunik yang dimiliki Biak Numfor," katanya.

Dalam literatur disebutkan panorama gugusan pulau-pulau yang ada di Padaido begitu indah dan hamparan pasir putih di bibir pantai, dengan pohon cemara dan kelapa yang berjejer rapi sangat menarik untuk dijadikan salah satu tujuan wisata.

Jika air laut sedang surut, beberapa pulau diantaranya bisa dilalui dengan hanya berjalan kaki. Belum lagi panorama alam bawah lautnya yang tak kalah menarik, selain biota laut yang unik ada juga peninggalan pesawat Perang Dunia II yang tenggelam di dasar lautnya dan sangat cocok untuk melakukan wisata menyelam (diving) di kawasan laut itu. (http://travel.kompas.com/)

No comments:

Post a Comment