Monday, January 11, 2016

Asuransi Reliance Kantongi Izin Pendirian Unit Syariah


Click Here

PT Asuransi Reliance Indonesia telah mendapatkan izin pendirian unit syariah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor: KEP-512/NB.223/2015 pada 22 Desember 2015.
Pendirian unit usaha syariah ini akan melengkapi lini bisnis perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum. Saat ini, Asuransi Reliance Indonesia fokus memasarkan produk asuransi kendaraan bermotor, asuransi kesehatan, properti, marine cargo, dan asuransi kecelakaan diri.
Direktur Asuransi Reliance Indonesia Mardiana mengatakan perusahaan menggarap bisnis asuransi syariah karena melihat potensi industri keuangan non bank syariah yang cukup besar dan belum banyak dilirik pelaku bisnis lainnya.
Berdasarkan data OJK, hingga September 2015 tingkat penetrasi dan densitas industri asuransi syariah baru mencapai 0,08% dan Rp40.000, relatif masih sangat kecil dibandingkan dengan asuransi konvensional yang mencapai 2,51% dan Rp1,1 Juta. Hal ini mendorong perusahaan untuk terjun ke bisnis asuransi umum syariah karena masih terbukanya peluang untuk mengembangkan pangsa pasar ini.
“Kami melihat adanya potensi pada segmen asuransi umum syariah ini sehingga dengan adanya skema penjaminan syariah ini kami ingin memperluas pangsa pasar kami agar dapat melayani nasabah yang menginginkan penjaminan dengan skema syariah,” kata Mardiana di Jakarta, Senin (4/1).
Rencananya, unit usaha syariah Asuransi Reliance Indonesia akan beroperasi efektif pada awal tahun ini. Asuransi Reliance Indonesia adalah perusahaan asuransi umum di bawah naungan Reliance Group. Perseroan mengandalkan pemasaran produk asuransi kendaraan bermotor, asuransi kesehatan, properti, marine cargo, dan asuransi kecelakaan diri.
Adapun, perolehan premi bruto (gross written premium) Asuransi Reliance Indonesia mencapai Rp404,01 miliar per November 2015. Saat ini, perusahaan telah memiliki empat kantor cabang di Bandung, Surabaya, Medan, dan Batam, serta tujuh kantor perwakilan di Pekanbaru, Palembang, Solo, Bali, Makassar, Semarang, dan Serpong.
Perseroan meraih penghargaan Perusahaan Asuransi Umum dengan predikat sangat bagus atas kinerja keuangan selama tahun 2013 versi Majalah Infobank. PT Asuransi Reliance Indonesia telah beroperasi sejak akhir 2002 dengan kepemilikan saham mayoritas PT Reliance Capital Management. Perusahaan fokus memberikan proteksi asuransi kendaraan bermotor, asuransi kesehatan, properti, marine cargo, dan asuransi kecelakaan diri. (sumber: NERACA)

No comments:

Post a Comment