Saturday, February 23, 2013

Askes Mataram Gencarkan Promotif Preventif


Sebagai ajang promotif preventif untuk lebih dekat dengan peserta, PT. Askes Cabang Mataram melakukan berbagai kegiatan bermanfaat di masyarakat.

Selain program senam yang dirancang sebagai pencegahan penyakit, PT. Askes juga tetap menggencarkan berbagai program lainnya seperti medical chek, screening kesehatan, serta membuat club pencegahan penyakit Diabetes Militus, Club PPHT (Pengelolaan Penyakit Hipertensi) dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup yang pernah terkena penyakit Diabetes Militus.

"Beberapa program yang ada di Askes sebagai sarana pencegahan penyakit, seperti Senam, screening kesehatan, dan membuat beberapa club pencegahan penyakit DM, dan Club PPHT," kata Kepala Bagian Administrasi Klaim, dr. Nyoman Wiwiek Yuliadewi, kepada Lombokita di kantornya, Jum'at, (15/2/2013).

Disamping itu, lanjut Wiwiek, PT. Askes kerap melakukan Home Visit yaitu mengunjungi rumah peserta. "Ada Home Visit, ini kami lakukan untuk mengatahui kondisi dari peserta yang mungkin mengalami gangguan kesehatan, kalau peserta jarang hadir dalam kegiatan-kegiatan club kami langsung mengunjungi mereka," kata Wiwiek.

Wiwiek juga menyinggung soal Progranm PJKMU (Pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat Umum) yaitu diluar yang ditetapkan pemerintah atau diluar Abdi Negara seperti PNS, TNI/POLRI, yang sempat dilakukan di Kabupaten Lombok Timur di tahun 2012, akan tetapi di tahun 2013 program tersebut tidak dilanjutkan oleh kebijakan pemerintah kabupaten.

"Kabupaten yang menentukan, seperti di Lotim tahun kemarin, perangkat desa dianggarkan oleh Pemkab, akan tetapi tahun ini tidak lagi karena kemampuan pemerintah Kabupaten Lombok Timur tidak sesuai dengan premi yang kami tetapkan," jelas Wiwiek.



No comments:

Post a Comment