Wednesday, May 22, 2013

Dokter: Orang Kaya Royal Bayar Ultah, Tapi Masih Pakai Jamkesda



Bukan cerita baru jika Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) atau di Jakarta disebut Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang sejatinya untuk masyarakat miskin masih juga dinikmati oleh orang berekonomi mampu. Masyarakat berkecukupan tersebut datang ke Puskesmas dengan gelang emas yang banyak tetapi meminta fasilitas Jamkesda.

"Banyak seperti itu. Ada yang datang ke dokter pakai gelang emas dan pakai BB (Blackberry). Itu kan tidak logis," ujar seorang dokter yang enggan disebut namanya.

Hal tersebut dikatakannya saat berdemo menolak adanya politisasi kesehatan dan Jamkesda/KJS di depan Istana Negara, Jalan Medam Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2013).

Dokter wanita itu mengaku telah bertugas di sebuah Puskemas di wilayah Depok, Jawa Barat, sejak tahun 1990. Selama masa pengabdiannya itu, masyarakat yang tergolong mampu dinilai lebih royal mengeluarkan uangnya untuk sebuah acara ulang tahun ketimbang membayar penuh uang pengobatan.

"Untuk nonton film dan ke mall mereka mampu bayar dan royal. Tapi biaya kesehatan sendiri saja yang cuman beberapa ribu, mereka tidak mampu," ucapnya.

Hingga pukul 11.15 WIB, para pendomo yang semuanya berprofesi sebagai dokter tersebut telah berada di depan Istana Negara. Mereka membawa spanduk warna putih ukuran 1x2 meter dengan tulisan 'Stop Politisasi Kesehatan'.

No comments:

Post a Comment