Saturday, July 27, 2013

8 Resep untuk Panjang Umur dan Sehat di Usia Lanjut

Kalau diperhatikan selama satu dekade ini sumbu kehidupan seseorang makin pendek. Misalnya, jika kakek atau buyut Anda mampu hidup hingga umur 80an, mungkin jatah hidup Anda hanya sampai umur 60 atau 70an. Dan belum tentu Anda tetap sehat walafiat walaupun mampu mencapai usia 80 tahun.
Orang-orang yang berasal dari Okinawa, Jepang dan komunitas The Seventh Day Adventist di Amerika Serikat mampu hidup hingga usia 100 tahun lebih. Dengan kondisi sehat pula. Berikut adalah delapan rahasia panjang umur dan sehat yang bisa ditiru dari para sepuh tersebut :
1 Batasi asupan makanan
Membatasi konsumsi makanan kurang dari 2000 kalori perhari akan membantu otot tubuh terbentuk. Tapi hal ini harus didukung dengan aktifitas fisik seperti olahraga yang teratur.
2 Menjalin relasi
Orang yang memiliki relasi yang baik dengan lingkungan sekitarnya cenderung lebih panjang umur dan merasa bahagia. Orang yang terisolasi mudah stres dan bunuh diri.
3 Asah otak
Tak hanya tubuh, otak dan pikiran pun harus dilatih. Hasil penelitian menyebutkan kalau daya pikir otak yang kuat bisa mengurangi risiko kematian. Latihlah otak Anda dengan permainan sederhana seperti sudoku, catur, ataupun teka-teki.
4 Batasi daging merah
Daging merah mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Akibatnya bisa menimbulkan penyakit jantung. Tak hanya itu, ada penelitian yang mengatakan kalau daging merah bisa mengurangi peran serat dan antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal kanker.
5 Perbanyak makan sayur
Disarankan untuk makan sedikitnya empat porsi sayuran dalam sehari. Sayuran bisa mengurangi risiko berbagai penyakit fatal seperti kanker ataupun diabetes.
6 Minum vitamin
Kalau Anda sulit makan sayuran, cobalah minum vitamin. Vitamin memang membantu sistem imun tubuh untuk melawan berbagai zat merugikan bagi tubuh. Meski demikian, Anda tetap harus makan sayur untuk mendapat serat alami.
7 Jangan lupakan kacang-kacangan
Sejak 1860 komunitas The Seventh Day Adventist menekankan perlunya manusia makan banyak sayur. Akhirnya pengikut aliran ini tergila-gila pada kacang. Hasilnya, menurut penelitian US National Institue of Health menyebutkan kalau pengikut aliran ini bisa hidup lebih lama 10 tahun dibanding orang lain. Kacang-kacangan baik untuk mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker.
8 Banyak minum air putih

Disarankan untuk minum air putih setidaknya dua liter atau delapan gelas perhari. Air berfungsi untuk membersihkan sistem dalam tubuh agar bisa dikeluarkan lewat urin.

No comments:

Post a Comment