Friday, July 19, 2013

Jamsostek Luncurkan Layanan e-Payment



Untuk memudahkan peserta, khususnya peserta perusahaan dalam melakukan pembayaran premi, PT Jamsostek (Persero) akan meluncurkan layanan e-payment.

Layanan ini dimaksudkan untuk semakin memudahkan peserta perusahaan dalam melakukan pembayaran premi jaminan sosial bagi karyawannya, khususnya jaminan sosial tenaga kerja. 

Direktur Keuangan PT Jamsostek (Persero), Herdi Trisanto, kepada pers di kantornya, Kamis (18/7), mengatakan, layanan e-payment ini merupakan pengembangan dari layanan virtual account yang sudah diluncurkan Jamsostek beberapa waktu lalu.

“E-payment merupakan bagian dari pengembangan sistem keuangan Jamsostek,” ungkap Herdi. 

Herdi mengatakan, layanan virtual account yang diluncurkan tahun ini sudah memberikan perubahan yang cukup signifikan pada sistem keuangan Jamsostek.

Dengan layanan ini, bukan hanya dapat menghindari perusahaan mengalami salah membayar premi, tapi juga memudahkan perusahaan baru dalam memverifikasi pembayaran premi, seperti premi  untuk Jaminan Hari Tua, Jaminan Kesehatan, Jaminan Kematian maupun Jaminan Kecelakaan kerja.

“Layanan virtual account memang  lebih diarah untuk perushaan-perushaan yang baru mendaftar, sedangkan kedepan  kami akan melakukan program e payment, dimana program ini ditujukan untuk perusahaan-perushaan yang sudah terdaftar. Jika e payment ini sudah berjalan, diharapkan tidak lagi ada IBR (Iuran Belum Rinci) yang terjadi di keuangan Jamsostek. Tahun 2014 kita akan running program ini,” imbuh Herdi.     

Menurut Herdi, saat ini sudah ada sekitar 50% sampai 70% yang sudah memakai pembayaran dengan Virtual Account, diharapkan setelah virtual account dikembangkan menjadi e payment, peserta lebih mudah melakukan pembayaran premi.

Memang bukan perkara mudah untuk mengarahkan para perusahaan untuk mengikuti program ini, berbagai hambatan seperti  kebiasaan mereka menyetorkan pembayaran ke bank milik sendiri. 

Agar semakin banyak perusahaan yang menggunakan layanan virtual account, Jamsostek terus melakukan sosialisasi. Dalam program sosialisasi tersebut, Jamsostek juga mengundang pihak perbankan yang menjalin kerjasama dengan Jamsostek, sehingga kerja sama yang terjalin antara Jamsostek dengan pihak perbankan semakin bersifat saling menguntungkan.

“Saat ini sudah ada 4 bank yang bekerjasama dalam pelyanan ini, ke depan akan kita kembangkan kerjasama dengan BPD-BPD. Sebenarnya dengan adanya ATM Bersama, mereka sudah bisa menggunakan fasilitas layanan ini,” imbuh Herdi. 

Tingkatkan Pelayanan 

Sementara Direktur Pelayanan PT Jamsostek (Persero), Achmad Riadi, secara terpisah di kantornya, Kamis (18/7), mengatakan, pihak telah meminta kepada kantor cabang dan kantor wilayah PT Jamsostek di seluruh Indonesia agar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Menurut Achmad, saat dan kedepan, PT Jamsostek memberikan pelayanan kepada masyarakat layaknya pelayanan bank seperti Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA.

“Pelayanan kita sekarang dan kedepan adalah baik, peduli, penuh perhatian dan cepat,” kata dia. 

Achmad mengakui, selama ini banyak keluhan soal pelayanan PT Jamsostek yang lambat, berbelit-belit dan kurang peduli.

“Kita akui banyak pegawai Jamsostek masih mengikuti gaya lama seperti penyakit birokrasi. “Semua itu kita hilangkan,” kata dia. (www.suarapembaruan.com)

No comments:

Post a Comment