Thursday, September 19, 2013

Tidak Masuk Jamkesda, Kaki Kanan Ira Batal Diamputasi



Kaki kanan siswi SMPN 2 Bojonegoro, Ira Aristiasari (13) mulai bernanah dan menghitam. RS Sosodoro Djatikusumo terpaksa merujuk warga Desa Sukorejo ini ke RSU Dr Soetomo Surabaya. Sayangnya,nama Ira tidak masuk dalam program jamkesda.

Siswi kelas 7 ini dirujuk ke RSU dr Soetomo 25 Juli 2013 lalu dengan program Jamkesda. Oleh rumah sakit, Ira diharuskan menjalani amputasi.

"Kita sebenarnya sudah berusaha membantu pasien dengan program Jamkesda. Namun keluarga maupun sekolah kayaknya berkeinginan agar Ira bisa dirujuk ke rumah sakit tulang di Solo Jawa Tengah. Padahal dinkes melalui program Jamkesda hanya bekerja sama dengan rumah sakit di Jawa Timur. Ini yang membuat kita kesulitan membantu saat ini," kata Kepala Bidang PKM Dinas Kesehatan Kab Bojonegoro Suharto, saat dikonfirmasi detikcom di kantornya, Rabu (18/9/2013).

Suharto menambahkan, sebenarnya rumah sakit di Surabaya tidak kalah bagusnya perawatan dan pemeriksaannya dengan rumah sakit di Jawa Tengah.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 2 Bojonegoro Ali Fatikin berharap anak didiknya bisa mendapat kartu jamkesmas, agar bisa berobat ke rumah sakit selain di Jawa Timur. Apalagi rencananya ada yang membantu, namun syaratnya harus punya kartu Jamkesmas.

Tapi saat keluarga mengurus jamkesmas, pihak Dinkes Bojonegoro tidak bisa membantu membuatkan karena program jamkesmas adalah kebijakan pemerintah pusat.

"Kita ingin mendapat kartu Jamkesmas, kalau memang sekolah harus kirim surat ke Departemen Kesehatan pusat, ya akan kita buatkan. Yang penting anak didik kita ini bisa berobat," keluh Ali Fatikin.

Padahal, kata dia, sebelumnya siswinya tersebut memiliki kartu jamkesmas, namun saat pendataan ulang, Ira tidak tercatat kembali. Harapan keluarga pun menunggu uluran tangan penderma yang bisa membantu proses penyembuhan anaknya. (news.detik.com)

No comments:

Post a Comment