Saturday, September 21, 2013

Eskpedisi Bhakesra Salurkan Bansos Rp75 Miliar ke Pulau Terpencil




Melalui kegiatan Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara (Ekspedisi Bhakesra) 2013, sejumlah pulau terluar mendapat bantuan sosial senilai Rp75 miliar.

Dana sebesar itu merupakan hasil patungan dari 30 kementerian/lembaga (KL), TNI AL, BUMN, perusahaan swasta, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan dan perorangan.

“Total bantuan yang berhasil dihimpun adalah Rp75 miliar. Ekspedisi telah berhasil mendistribusikan semua bantuan ke pulau-pulau sasaran,” ujar Deputi Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Sujana Royat saat upacara penyambutan kepulangan kapal Ekspedisi Bhakesra di Jakarta, Selasa (17/9).

Bantuan sosial yang diberikan secara gratis adalah peralatan sekolah, olahraga, kesehatan, alat-alat berat, perbaikan rumah tidak layak huni, dan sebagainya. Pada tahun ini ekspedisi dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama dilakukan di wilayah barat Indonesia selama 10 hari (11-20 Juni). Pulau yang dikunjungi adalah Pulau Siberut, Pulau Tello, dan Pulau Sipura.

Selanjutnya dilakukan di wilayah timur selama 20 hari (29 Agustus-17 September). Pulau yang dikunjungi adalah Pulau Kayuwadi, Pulau Alor, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Sumba dan Pulau Komodo.

“Pulau Kayuwadi di Kabupaten Selayar, Sulsel adalah salah satu contoh pulau dengan kondisi penduduk yang sangat miskin. They’re the poorest among the poor,” ujar Sujana.

Selain memberikan bantuan sosial, masyarakat pulau juga dihibur dengan pagelaran konser dangdut dari seniman Persatuan Artis Musik Melayu dan Dangdut Indonesia (PAMMI) dan penukaran uang tidak layak edar. (www.metrotvnews.com)

No comments:

Post a Comment