Friday, September 20, 2013

Jamkesda Bantu Penderita Tumor di Selorejo



Sami (60) warga Dukuh Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, yang menderita tumor di punggung kanan dan ketiak kirinya akhirnya mendapat uluran tangan. Dinas Kesehatan akan membantu operasi Sami menggunakan dana Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Sejak mendengar adanya pasien miskin yang tak bisa berobat karena tak mempunyai kartu jaminan kesehatan, Dinas Kesehatan segera menerjunkan petugas untuk mengetahui kondisi Sami di rumahnya, pekan lalu. Ternyata yang bersangkutan memang berasal dari keluarga tak mampu.

''Setelah melakukan kunjungan ke rumah Bu Sami, kami kemudian membicarakan masalah ini dan memutuskan bahwwa operasi pengangkatan dua tumor yang diderita akan dibiayai Jamkesda,'' kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, dr Ronny Roekmito Mkes, Selasa (17/9).

Nanti dalam pelaksanaannya, petugas dari Puskesmas Bayat akan mendampingi Sami memeriksakan diri ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Pemeriksaan kesehatan tersebut untuk memastikan kondisi pasien dan jenis tumor yang dideritanya.

''Sebelum dioperasi, pasien akan menjalani pemeriksaan kesehatan untuk keperluan penegakkan diagnosa, hal itu sangat diperlukan untuk menentukan penanganan medis yang tepat. Nanti ada petugas Puskesmas Bayat yang akan mendampingi,'' kata Ronny di ruang kerjanya.

Sami menderita penyakit tumor sejak setahun lalu, sejak itu ukurannya semakin membesar. Sami belum pernah menikah dan mengalami gangguan komunikasi, dia hidup menumpang di rumah adiknya Sadiyem yang bekerja sebagai buruh tani. Selama ini, dia belum pernah diperiksa karena tak ada biaya. (www.suaramerdeka.com)

No comments:

Post a Comment