Monday, October 21, 2013

Jelang BPJS, Jamsostek Kirim 6 Karyawan Studi ke Eropa



Untuk bersiap menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang berkelas dunia sejak 1 Januari 2014, PT Jamsostek (Persero) pun terus berusaha meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan meningkatkan kualitas pelayanan. Dalam mempersiapkan kualitas SDM itu, PT Jamsostek disebut telah mengirim enam orang karyawannya untuk belajar tentang jaminan sosial, antara lain di Perancis, Inggris dan Jerman.

Hal itu seperti dikatakan Direktur Utama PT Jamsostek (Persero), Elvyn G Masassya, kepada wartawan di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), Minggu (20/10) malam. Elvyn bersama rombongan wartawan sengaja datang ke Sukabumi untuk mengikuti acara Sosialisasi BPJS Kesehatan yang mulai berlaku sejak 1 Januari 2014, yang dihadiri langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Elvyn mengatakan, unsur utama dari sebuah perusahaan maju adalah kualitas SDM yang mantap. Oleh karena itu, selain mengirim karyawannya untuk studi lanjutan ke perguruan tinggi, baik di dalam negeri maupun luar negeri, PT Jamsostek menurutnya juga senantias melakukan sejumlah pelatihan untuk karyawan.

Sedangkan dalam hal pelayanan, menurut Elvyn pula, pihaknya akan melakukan peningkatan kualitas layanan klaim menjadi one day service, seiring dengan semakin dekatnya peralihan menjadi BPJS. Untuk itu, pihaknya pun sudah melakukan persiapan dengan melakukan beberapa program terkait peningkatan kualitas pelayanan.

"Nantinya, peserta yang melakukan pengklaiman Jamsostek hari itu, cair di hari yang sama," tegasnya.

Tahun ini, menurut Elvyn lagi, pihaknya juga mempersiapkan infrastruktur guna menyelesaikan proses transformasi tersebut. Antara lain mulai dari database kepesertaan, penambahan outlet layanan, investasi keuangan, peningkatan SDM, serta sistem informasi.

Transformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan sendiri merupakan amanat dari UU No.24/2011 mengenai Pembentukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, di mana nantinya program jaminan kesehatan yang ada di PT Jamsostek akan dialihkan ke BPJS Kesehatan. Seperti ditambahkan Elvyn, adapun program yang telah ada selama ini, seperti Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Kematian, akan dilengkapi dengan program pensiun yang selama ini masih belum diluncurkan. (www.beritasatu.com)

No comments:

Post a Comment