Friday, February 7, 2014

Serikat Pekerja Jamsostek Ikut Bertransformasi



 PT Jamsostek (Persero) telah resmi bertransformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sejak 1 Januari 2014. Akan tetapi, transpormasi bekas perusahaan pelat merah tersebut diikuti juga oleh organisasi Serikat Pekerjanya.

Ketua Umum Serikat Pekerja Jamsostek (SPJ) Abdurrahman Irsyadi mengatakan, dalam waktu dekat serikat pekerja Jamsostek akan segera berubah mengikuti lembaga yang menaungi serikat pekerjanya yaitu BPJS Ketenagakerjaan.

"Untuk menuju perubahan tersebut dibutuhkan tahapan dan mekanisme organisasi yang harus dilalui seperti diadakannya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Musyawarah Luar Biasa (Munaslub)," kata Irsyadi dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Irsyadi menuturkan, saat ini SPJ tengah melakukan Rakernas, di mana agenda Rakernas tahun ini akan dibahas tentang perubahan draft AD/ART, logo, nama lembaga, mars SPJ, rekomendasi internal dan eksternal serta mempersiapkan Munaslub SPJ, di mana Munaslub merupakan forum tertinggi organisasi yang tujuannya adalah menyikapi perubahan yang ada.

Irsyadi menambahkan, saat ini karyawan BPJS Ketenagakerjaan masih menginginkan adanya Serikat Pekerja (SP), hal tersebut agar payung hukumnya lebih jelas. Adapun, peran penting yang dilakukan oleh SPJ adalah dalam pengelolaan dana buruh, oleh karena itu keberadaan Serikat Pekerja menjadi penting dalam rangka pengawalan kebijakan dari dalam lembaga.

Tidak hanya itu, walaupun lembaga ini berbentuk badan hukum publik, akan tetapi cara pengelolaannya menggunakan cara korporasi. Sehingga BPJS Ketenagakerjaan mempunyai keunikan yang berbeda dengan lembaga publik lainnya. "Karena itu Serikat Pekerja Jamsostek akan berubah nomenklatur saja tetapi secara keorganisasian mengacu pada UU No. 21 Tahun 2000 dan UU No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan," tambahnya.

Sambung Irsyadi, Serikat Pekerja Jamsostek juga memiliki benchmarking dengan organisasi serupa di berbagai dunia, di tahun 2014 ini kami telah bergabung dan berafiliasi dengan organisasi internasional yakni Publik Service International (PSI) yang berpusat di Perancis. (economy.okezone.com)

No comments:

Post a Comment