Sunday, April 27, 2014

World Bank: Kondisi Sosial Rakyat Indonesia Rentan

Bank Dunia menilai kondisi dan keuangan sosial masyarakat Indonesia dinilai cukup rentan akibat minimnya jaminan asuransi kesehatan dan sosial dari pemerintah. Investigasi Bank Dunia kurang dari 1% masyarakat Indonesia yang mempunyai asuransi. Direktur Laporan Pembangunan Dunia 2014 Norman Loayza mengatakan kondisi ini jauh berbeda dibandingkan dengan negara lain seperti Turki yang 93% penduduknya terjamin asuransi.
"Penggunaan produk asuransi di Indonesia masih kalah jika dibandingkan dengan Malaysia, misalnya bagi petani. Penggunaan jenis asuransi ini di Malaysia mencapai 70%, sedangkan di Indonesia 0%," kata Norman dalam pemaparan World Development Report (2014): Risk and Opportunity Managing Risk for Development di Jakarta, Kamis (24/4/2014).
Bank Dunia menilai rentannya penggunaan produk asuransi di Indonesia, antara lain sulitnya regulasi yang diterapkan pemerintah Indonesia. Untuk itu, Bank Indonesia merekomendasikan agar pemerintah menyediakan insentif yang tepat bagi individu atau lembaga untuk melakukan perencanaan dan persiapan mereka sendiri seraya menghindari kemungkinan timbulnya risiko dan kerugian pada pihak lain.
"Insentif tepat sangat penting untuk menghindari terjadinya kasus di mana beberapa kelompok dapat merasakan manfaat sementara pihak lain merugi," urainya. (www.theglobejournal.com)

No comments:

Post a Comment