Tuesday, June 10, 2014

"BPJS Itu Jamsos Tapi Rohnya Asuransi"

Ilustrasi (Foto:Okezone) Ilustrasi (Foto:Okezone)  

Program jaminan kesehatan yang dijalankan oleh Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) dinilai salah dalam regulasinya. Ketua Advokasi SPN Joko Heriono mengatakan bahwa roh asuransi yang ada dalam program jaminan sosial yang membuatnya kacau.

"Kalau bicara jaminan itu kita bicara dari siapa yang menjamin dan siapa yang terjamin, ternyata kenyataannya ke kita ngomong jaminan sosial nasional tapi rohnya itu asuransi," ujarnya dalam polemik dengan tema BPJS Ketenagakerjaan, Solusi atau Retorika di Warung Daun Jakarta, Sabtu (7/6/2014).

Joko menambahkan, jaminan sosial seharusnya tidak mengeksploitasi, karena jaminan sosial bukan asuransi. Jaminan sosial sekarang ini tidak kepada memberikan manfaat tetapi lebih kepada keanggotaan dan iuran.

“Itu kan sama dengan asuransi, ini yang salah kaprah," tegasnya.

Menurutnya, kenyataannya sejak awal rumusan RUU sudah salah, karena isi dari UU itu menganutnya roh orang asing. "Gara-gara itulah apa yang sekarang disebut jamsosnas terasa seperti asuransi, setiap orang harus jadi peserta, harus ada iuran," jelasnya. (www.okezone.com)

No comments:

Post a Comment