Wednesday, June 18, 2014

Ribuan Peserta JKN Klaten Dicoret

Jumlah penerima Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Klaten yang diganti tercatat sebanyak 2.082 peserta. Alasan penggantian tersebut karena meninggal dunia, pindah domisili, atau sudah diikutkan program JKN di perusahaan tempat mereka bekerja. “Ada 2.082 nama penerima JKN yang dicoret, tapi sudah ada penggantinya. Meski begitu, perubahan data peserta JKN tidak mengubah kuota BPJS yang dibiayai APBD Kabupaten Klaten, yakni sebanyak 31.000 peserta,” ujar Kepala Unit Pembiayaan Kesehatan Masyarakat Dinkes Klaten, Nurcholis Arif Budiman, Selasa (17/6).
Nurcholis menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan sinkronisasi data sebelum diusulkan ke BPJS.
Sementara, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) kabupaten Klaten, Slamet Widodo, mengungkapkan pihaknya belum mendapat informasi resmi dari BPJS untuk verifikasi data. Padahal verifikasi data peserta BPJS dilakukan oleh Dinsosnakertrans.
“Kami di daerah hanya pelaksana kebijakan dari pusat. Soal validasi data JKN, pihaknya belum mendapat informasi dari pusat. Mungkin menunggu pendataan warga miskin yang dilakukan tiga tahunan oleh Badan Pusat Statistik (BPS),” kata Slamet Widodo. (www.timlo.net)

No comments:

Post a Comment