Monday, February 22, 2016

Pakai BPJS Kesehatan, Cabut Gigi Hanya Boleh Satu Gigi per Hari?

Pakai BPJS Kesehatan, Cabut Gigi Hanya Boleh Satu Gigi per Hari?

ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Warga antre menunggu dibukanya loket pendaftaran BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Tarakan, Jakarta Pusat, Senin (7/7/2014). 
 Yth BPJS Kesehatan. Saya minggu kemarin bawa anak saya umur 10 tahun ke Puskesmas Kedaton, untuk cabut gigi susu yang sudah goyang. Saya mau tanya, apa benar kalau cabut gigi menggunakan BPJS Kesehatan atau Askes, hanya boleh cabut satu gigi saja dalam sehari atau satu kali datang?
Padahal, kami mau cabut dua buah gigi anak kami. Ternyata setelah antre lama, kami dibatasi dokternya hanya boleh cabut satu gigi saja. Dan kalau mau cabut lebih dari satu gigi, kami harus datang kembali besoknya atau lain kali.
Apakah memang seperti itu prosedurnya, bagi yang menggunakanBPJS Kesehatan atau Askes? Kalau bisa sekaligus, hal itu akan efektif waktu dan tidak mondar mandir.
Terima kasih atas perhatian dan penjelasannya.
Pengirim: +628127977xxx
Tidak Ada Pembatasan
Kami jelaskan bahwa sesuai dengan ketentuan, tindakan pelayanan kesehatan pada prinsipnya adalah sesuai indikasi medis, baik untuk pelayanan gigi atau pelayanan lainnya, dan tidak ada pembatasan pelayanan, sepanjang sesuai prosedur dan indikasi medis dari dokter yang menangani. Untuk cabut gigi, apakah satu atau dua, dokter yang bersangkutan tentunya lebih paham dalam penangannya.
Edi Wiyono
Kepala Unit Manajemen Kepesertaan dan UPMP4 BPJS KesehatanCabang Bandar Lampung

No comments:

Post a Comment