Monday, October 24, 2016

Cara membayar premi BPJS kesehatan melalui ATM Bank Mandiri


nomor virtual account
Membayar premi lanjutan BPJS kesehatan individu bisa dilakukan melalui teller dan mesin ATM pada Bank: BNI, BRI dan Mandiri. Penulis berbagi pengalaman saat melakukan pembayaran melalui teller Bank Mandiri. Ambil formulir aplikasi setoran/transfer dan isi kolom tanggal setoran; kolom pengirim dengan nama, alamat dan nomor telpon; kolom penerima diisi dengan BPJS kesehatan - nama peserta dan nomor rekening diisi dengan nomor virtual account peserta BPJS.
Untuk pengisian nomor virtual account ini kita harus menambahkan 5 digit angka sesuai bank tempat bertransaksi dan menghilangkan 2 digit angka didepannya pada kartu BPJS peserta.
Ketentuan 5 digit angka untuk Bank BNI dan BRI berupa angka 88888 dan untuk Bank Mandiri berupa angka 89888, baru diikuti nomer kartu BPJS Kesehatan perorangan yang telah dihilangkan angka awal yang tertera pada kartu BPJS kesehatan (00) 01261766395 menjadi 89888 01261766395. Setelah melakukan pembayaran sesuai besarnya tagihan, kita akan mendapatkan print out bukti pembayaran/ validasi bank. 
Dengan melakukan hal diatas kita telah membantu teller untuk memudahkan melakukan transaksi pembayaran, karena teller terkadang tidak mengetahui ketentuan  tersebut.

Bukti Validasi Bank MandiriPembayaran juga dapat dilakukan melalui mesin ATM, disini penulis menggunakan pembayaran dengan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) Bank Mandiri. Masukan kartu ATM Bank Mandiri dan ketik nomor PIN, pada menu utama pilih bayar/beli, pada bayar/beli pilih lainnya, pilih BPJS, pilih BPJS kesehatan, pilih individu dan muncul tampilan harus memasukkan nomor virtual account BPJS kesehatan. 
Perlu diingat nomor virtual account peserta BPJS kesehatan bukan dengan menuliskan sesuai dengan angka yang tercantum pada kartu BPJS kesehatan.
Ketik 89888 01261766395 sesuai dengan ketentuan dan penjelasan diatas, pilih benar, muncul tampilan masukan jumlah bulan dibayar, ketik jumlah bulan yang diinginkan, pilih benar, muncul pilih item pembayaran, lakukan pengecekan kembali, apakah sudah sesuai dengan tampilan nama BPJS peserta,  nomor virtual accountnya, jumlah bulan yang dibayar dan total pembayaran?
Bila sudah benar, ketik 1 untuk pilihan nomor, pilih ya, simpan struk ATM sebagai bukti telah membayar BPJS kesehatan individu. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar. 
Semoga pembaca mendapat gambaran bagaimana cara melakukan pembayaran lanjutan BPJS kesehatan melalui teller dan mesin ATM Bank Mandiri.
bayar BPJS via ATM Bank Mandiri 1

No comments:

Post a Comment