Sunday, January 20, 2013

THT Multiguna Sejahtera dan Ekaguna


Untuk memberikan kesejahteraan yang lebih baik kepada pesertanya, Taspen telah mengembangkan dua program baru, yaitu Program Tunjangan Hari Tua (THT) Multiguna Sejahtera dan THT Ekaguna Sejahtera. Program THT Multiguna merupakan pengembangan dari THT Dwiguna dengan penambahan manfaat berkala, di samping manfaat THT dan Nilai Tunai. Besarnya manfaat berkala disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing peserta. Sejak diluncurkan, Program THT Multiguna Sejahtera ini telah diikuti oleh beberapa BUMN dan BUMD. Sementara itu, Program THT Ekaguna hanya menawarkan manfaat THT saja bagi peserta yang ingin membatasi kewajiban iurannya. Program THT Ekaguna Sejahtera ini juga sudah diikuti oleh beberapa BUMN dan BUMD.

PT Taspen terus berbenah. Sejak tahun 2006, PT Taspen telah menerapkan dan mengembangkan pelayanan “satu jam selesai” yang kemudian disempurnakan dengan pelayanan proaktif. Pelayanan proaktif adalah melayani pembayaran Pensiun pertama dan Tunjangan Hari Tua (THT) di instansi peserta secara kolektif. Pelayanan tadi mesti memenuhi target mutu pelayanan PT Taspen yang meliputi 5T (Tepat Waktu, Tepat Orang, Tepat Jumlah, Tepat Tempat dan Tepat Administrasi).

Untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan kepada seluruh Peserta dan Penerima Pensiun, PT Taspen terus berupaya mengoptimalkan kinerja dan performa pelayanan di seluruh kantornya (Kantor Cabang Utama dan Kantor Cabang) serta ribuan titik pelayanannya (melalui kerja sama dengan Bank dan Kantor Pos). Guna memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada masyarakat, secara rutin PT Taspen juga melakukan sosialisasi lewat dialog interaktif melalui siaran radio (RRI dan Swasta) di setiap Kantor Cabang. PT Taspen juga menyelenggarakan “pelayanan proaktif” dengan cara mendatangi instansi-instansi tempat Calon Peserta atau Peserta bekerja, untuk melakukan komunikasi dialogis, pembayaran iuran THT dan Pensiun pertama. Taspen membuka pula layanan telepon bebas pulsa 0800-1222-333.

Semboyan “Layanan dan Kinerja Selalu Ditingkatkan” (Better Service Through Better Performance), benar-benar harus dijadikan pedoman bagi seluruh insan dan manajemen PT Taspen dalam memberikan pelayanan. Sebuah prinsip pelayanan prima dengan target mutu 5-T. Pelayanan diberikan dengan secepat dan seefektif mungkin (one hour service). Segenap awak PT Taspen harus pula memberikan pelayanan dengan sopan, sabar, ramah dan manusiawi, serta mudah dan sederhana (tidak berbelit-belit). Semua target pelayanan prima itu telah dapat dicapai berkat peningkatan pemahaman Peserta dan masyarakat mengenai program-program PT Taspen; selain karena PT Taspen sendiri terus berupaya memperbaiki standarisasi sistem dan prosedur, pengoptimalan sistem informasi serta peningkatan dan produktivitas SDM-nya.

Guna mendukung peningkatan mutu pelayanan dan kinerja perusahaan, PT Taspen memang secara kontinyu melakukan serangkaian upaya peningkatan profesionalisme dan produktivitas SDM-nya, melalui berbagai pendidikan dan pelatihan. Terutama dalam bidang keahlian: Asuransi/Aktuaria, Pengelolaan Keuangan/Investasi, dan Teknologi Informasi (TI). Di luar itu, juga terus ditingkatkan beberapa program pelatihan, misalkan Latihan Kerja Orientasi, Latihan Kerja Pemantapan, Latihan Kepemimpinan (Muda, Madya dan Utama) dan Kursus Pelengkap. Ada pula Pendidikan Khusus dan Kursus Pembekalan, untuk memberi bekal pengetahuan dalam menunjang kemandirian karyawan buat berwirausaha manakala mereka sudah memasuki masa pensiun. Di samping itu, untuk meningkatkan keimanan karyawan, setiap bulan PT Taspen pun mengadakan Ceramah Keagamaan.

Menyadari bahwa pelayanan merupakan kunci pokok usaha, maka PT Taspen secara berkesinambungan juga menyelenggarakan Pendidikan Pelayanan Prima Plus (Service Excellent Quotient, SEQ) bagi seluruh karyawannya. Program pendidikan SEQ itu, antara lain berisikan beberapa unsur utama, seperti program Pelayanan Prima (Service Excellent), Emotional Spiritual Quotient (ESQ, Manajemen Qalbu), dan Outbond atau Mind Tune-up. Suatu perpaduan yang serasi, di mana outbond/outing dimaksudkan untuk membentuk kemampuan teamwork yang diperlukan dalam kegiatan perusahaan sebagai pondasinya, sedangkan manajemen dan pelayanan prima dimaksudkan sebagai output-nya. Semboyan pelayanan prima yang ditanamkan kepada orang-orang PT Taspen adalah “Saya akan berbahagia apabila karena saya orang lain berbahagia.”

Manajemen PT Taspen pun ingin menegaskan bahwa pelayanan yang dilakukan berlandaskan prinsip: “Tanpa Kesalahan (Zero Defect), Tanpa Pungutan (Zero Haram), dan Tanpa Pamrih (Zero Mind Process)”. Zero Defect memberi makna bahwa setiap orang PT Taspen memberikan pelayanan dengan tingkat kualitas dan akurasi tinggi, sehingga tingkat kesalahannnya berada pada titik nol. Pedoman 5-T dalam pelayanan Taspen merupakan instrumen yang jitu guna mencapai sasaran zero defect tadi. Zero Haram berarti semua pelayanan yang diberikan Taspen kepada para Peserta tidak dipungut biaya. Di sini, Taspen mau mengubah dirinya sebagai pengembang budaya “anti-pungutan liar”. Sedangkan Zero Mind Process berarti, setiap orang PT Taspen harus memberikan pelayanan dengan tulus ikhlas. Prinsip pemberian pelayanan dengan sopan, sabar, ramah dan manusiawi, serta mudah dan sederhana, adalah instrumen signifikan dalam meraih target zero mind process ini.

Pelayanan “tanpa pungutan dan kesalahan” yang selama ini dikembangkan PT Taspen, pada akhirnya melahirkan sejumlah apresiasi dari banyak Peserta. Juga pengakuan dan penghargaan dari sejumlah kalangan. Sertifikat ISO (ISO 9002 yang kemudian dikonversi menjadi ISO 9001:2000) yang diterima oleh Kantor Taspen Cabang Bogor tahun 1998 dan kemudian dijadikan sebagai acuan pelayanan bagi semua Kantor PT Taspen di seluruh Indonesia, hanyalah salah satu bukti pengakuan atas pelayanan mutu berstandar internasional yang diberikan oleh pihak SGS Yarsley ICS Limited. Dari Presiden Republik Indonesia pun PT Taspen memperoleh penghargaan Abdisatya Bhakti. Bahkan Pemerintah, dalam hal ini Presiden, juga memberikan penghargaan di bidang pelayanan, berupa Piala dan Piagam Citra Pelayanan Prima, kepada beberapa Kantor Cabang PT Taspen di sejumlah daerah, sebagai Unit Pelayanan Percontohan. (*)

No comments:

Post a Comment