Tuesday, March 5, 2013

Bikin Berobat Mudah, Dahlan akan Buat Puskesmas Online


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku akan membuat jaringan Puskesmas online yang terhubung dengan rumah sakit di Jakarta. Hal ini dilakukan untuk menyambut Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang akan diluncurkan pada Januari tahun mendatang.

"Nanti kita buat Puskesmas online dengan rumah sakit agar bisa merujuk pasien yang menggunakan Kartu Jakarta Sehat (KJS), ke rumah sakit atau tetap di Puskesmas," ujar Dahlan, kepada wartawan, di FKUI, Salemba, Jakarta, Rabu (27/2/2013).

Dahlan menjelaskan, sistem kerja puskesmas online yaitu setelah pasien berobat ke Puskesmas dan tidak bisa ditangani ke Puskesmas, maka pihak Puskesmas bisa secara online menunjukkan rumah sakit mana yang kosong dan memberikan surat rujukan.

"Jika pasien datang langsung ke rumah sakit tanpa membawa surat rujukan, rumah sakit tersebut tidak harus melayani karena rumah sakit harus menangani penyakit yang ditangani rumah sakit. Jangan rumah sakit yang ditangani yang bukan tugasnya. Nanti kepenuhan, kecuali UGD," jelas Dahlan.

Dahlan menuturkan, dalam implementasinya, setelah BPJS berlaku, nantinya akan membagi tiga tugas dokter di Puskesmas. "Yang pertama menangani pasien, kedua yang memberikan surat rujukan, yang ketiga perawatan orang yang belum sakit untuk mencegah," tutur Dahlan.

Dengan adanya sistem online tersebut, Dahlan menyarankan masyarakat yang mempunyai KJS ataupun BPJS nantinya bisa berobat ke Puskesmas sebelum ke rumah sakit. Dahlan pun berkaca dari KJS yang diluncurkan Gubernur DKI Joko Widodo, semua orang sakit memanfaatkannya dengan datang langsung ke rumah sakit. Dengan kondisi demikian, lama-lama rumah sakit akan jebol karena menangani terlalu banyak pasien.

"Dengan adanya KJS sekarang orang gigit nyamuk saja ke rumah sakit, rumah sakit jadi sesak. Yang terbaik adalah ke dokter keluarga namun itu jangka panjang. Sekarang ke Puskesmas dulu," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment