Saturday, March 23, 2013

Wisata Bendung Katulampa


 
Nama Katulampa menjadi sebuah nama yang favorit ketika curah hujan yang tinggi terjadi di daerah Jakarta, Bogor dan sekitarnya.

Banyak orang menjadi penasaran, seperti apa sih Katulampa itu ? Di mana berada dan bagaimana bentuknya? Pintu air yang terletak di Kampung Bantar Kemang, Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, ini memang akhir-akhir ini mulai dikenal sebagai tempat wisata oleh warga Bogor dan sekitarnya.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, arahkan saja kendaraan Anda untuk exit tol Bogor. Kemudian belok kiri masuk Jl. Pajajaran, ikutin jalan sampai dengan pertigaan arah Tajur. Kemudian belok kiri, masuk arah Tajur, melewati pusat Tas Tajur dan ikuti petunjuk jalan. Pintu air Katulampa kurang lebih berjarak 1 kilometer dari pusat Tas Tajur.

Bendung Katulampa dibangun pada tahun 1911 M dengan tujuan sebagai sarana irigasi lahan seluas 5.000 hektar yang terdapat pada sisi kanan dan kiri bendung. Saluran irigasi dari bendung ini mempunyai kapasitas maksimum sekitar 6.000 liter per detik. Fungsi lain dari bendung katulampa adalah sebagai sistem informasi dini terhadap bahaya banjir Sungai Ciliwung yang akan memasuki Jakarta.

Data mengenai ketinggian air di Bendung Katulampa ini memperkirakan bahwa sekitar 3-4 jam kemudian air akan sampai di daerah Depok. Selanjutnya di Bendung Depok ketinggian air dipantau dan dilaporkan ke Jakarta sehingga masyarakat yang tinggal di kawasan sekitar aliran Sungai Ciliwung sudah dapat mengantisipasi sedini mungkin datangnya air banjir yang akan melewati daerah mereka.

Apa sih yang bisa dilihat di Bendung Katulampa? Secara landscape sebetulnya tidak ada yang menarik dari Bendung Katulampa selain pintu-pintu air yang kokoh tersebut. Namun justru itulah yang membuat orang ingin tahu seperti apakah Katulampa tersebut. Bagaimana sejarah Katulampa dan fungsi vitalnya sendiri sebagai petunjuk awal kondisi air yang akan menuju Jakarta.
Namun ada satu hal yang cukup menarik ketika berada di Katulampa, yaitu jembatan bergaya kuno yang berada di atas bendung. Dari atas jembatan ini kita bisa memandang bebas ke arah sungai di bawah ataupun di atas bendung. Sembari melihat pemandangan sekitar, menikmati sejuknya udara ditambah dengan cipratan uap air dari bawah bendung, nyaman sekali rasanya berada sejenak di atas jembatan ini.

Sayangnya keindahan pemandangan tersebut terganggu dengan keberadaan rumah-rumah penduduk di kanan kiri bendung yang sangat padat sekali. Andaikan sekitar bendung dibuat taman-taman yang indah, tentu akan menjadi ikon wisata baru di Kota Bogor.

Yuk mampir ke Bendung Katulampa!

(AMGD, mlancong.com)

No comments:

Post a Comment