Wednesday, April 24, 2013

Perusahaan Inggris Bayar Pensiun dengan Keju Cheddar US$ 92 Juta



Ada hal unik dan mungkin terdengar lucu berkaitan dengan dana pensiun. Dairy Crest, produsen produk susu top asal Inggris memiliki strategi khusus untuk menanggulangi masalah defisit dana pensiun pekerjanya. Apa itu, yakni membayar dana pensiun dengan keju cheddar.

Perusahaan memutuskan untuk menambahkan sekitar 60 juta atau US$ 92 juta sebagai dana pensiun. Dana tersebut diberikan dalam bentuk keju cheddar.

Dana pensiun yag diberikan setara dengan 20 ribu ton keju atau 40% dari persediaan keju Dairy Crest saat ini.

Dairy Crest bukanlah perusahaan pertama yang mentransfer produknya untuk pembayaran dana pensiun. Diageo, pembuat Johnnie Walker wiski, memberikan dua juta barel wiski di Skotlandia sebagai pembayaran dana pensiun pekerjanya pada 2010.

Tapi tunggu dulu, maksud dari kedua perusahaan tersebut bukanlah membayar dana pensiun pekerjanya benar-benar secara nyata dalam bentuk keju atau Scotch. Sistem pembayaran ini hanya memberikan jaminan kepada pekerja mendapatkan dana pensiun mereka jika perusahaan harus menghadapi kebangkrutan.

"Selama beberapa tahun terakhir Dairy Crest telah proaktif dalam mencari cara untuk mengurangi pembyaran dana pensiun.Langkah tersebut untuk memperkuat posisi pendanaan jangka panjang dana pensiun," menurut keterangan perusahaan, seperti mengutip laman CNBC, Selasa (23/4/2013).

Perusahaan harus mencari cara baru untuk membiayai sistem pensiun mereka karena tingkat hidup yang lebih panjang, di sisi lain krisis ekonomi memperlambat pertumbuhan penjualan perusahaan.

Dairy Crest adalah produsen keju cheddar di Cornwall, Inggris bagian barat daya. Produk keju buatan Dairy Crest melalui proses pematangan dengan didiamkan selama satu sampai tiga tahun.

Cathedral City, merek cheddar terbesar perusahaan, memiliki penjualan lebih dari 250 juta pada tahun lalu. Dairy Crest juga memproduksi berbagai jenis mentega, termasuk Country Life, dan persediaan susu untuk restoran, hotel, supermarket dan distributor lokal.

Adapun nilai defisit dana pensiun perusahaan adalah 84 juta per 30 September 2012, di mana terakhir kali perusahaan melaporkan kinerjanya. Dairy Crest telah melakukan pembayaran langsung satu kali untuk dana pensiun sebesar 40 juta, selain pembayaran tahunan sebesar 20 juta.

No comments:

Post a Comment