Sunday, April 21, 2013

Strategi Jamsostek Hadapi Transformasi BPJS


PT Jamsostek (Persero) tengah fokus terhadap rencana peralihan produk Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) ke Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BJPS) Kesehatan. Hal tersebut untuk mendukung kelancaran proses transformasi ke BPJS Ketenagakerjaan.

Menurut Direktur Bidang Pelayanan Jamasostek, Achmad Riadi, rencana tersebut merupakan langkah strategis yang dilakukan pihaknya agar tenaga kerja tidak merasakan perpindahan layanan pada produk jaminan pemeliharaan tersebut.

"Kita melakukaan pendekatan dengan dua cara, hal itu agar mereka (pekerja) tidak merasakan perubahan atau perpindahannya," ujarnya di Holiday Inn Bandung, Jumat (19/4/2013) malam.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, bahwa pendekatan yang dilakukan dengan dua cara yakni dari aspek operasional dan dari aspek keuangan. Namun bila dilihat secara operasional, peralihan tersebut adalah transfer knowledge.

"Transfer knowledge merupakan pengetahuan tentang teknis atau cara pemberian pelayanan produk jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK) baik dari sisi pemungutan iurannya maupun penyaluran klaim JPK itu sendiri, kita memberikan edukasi tentang layanan tersebut," jelasnya.

Sementara itu, menurut Direktur Keuangan, Herdy Trisanto, peralihan tersebut bila dilihat dari aspek keuangan bisa dilakukan dengan cara peralihan destinasi pembayaran iuran. Dimana peralihan tersebut bukan dalam bentuk dana kelolaan, tapi iurannya yang kita alihkan ke sana (ke BPJS Kesehatan).

"Para peserta jamsostek kan selalu membayar,  pembayarannya kita alihkanan, kalau dana yang sama akan kita pergunakan untuk pembayaran JPK yang kita kelola sepanjang 2013," imbuh dia.

No comments:

Post a Comment