Saturday, August 24, 2013

Jamsostek Bermasalah, Seorang Pasien tak Diperbolehkan Pulang





Pasangan suami istri asal Cikarang terpaksa ditahan pihak Rumah Sakit Sentra Medika, Cikarang, Kabupaten Bekasi, akibat biaya pengobatan yang dibebankan asuransi Jamsostek bermasalah pada pembayaran premi bulanan oleh pihak perusahaan tempatnya bekerja.

Kurniawan Hariyanto (36) dan Siti Romlah (35) warga Perum Bumi Citra Lestari blok C 68 No 18, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi ini terpaksa menginap di rumah sakit karena tidak ada biaya untuk membayar biaya yang mencapai Rp12,5 Juta.

Padahal, mereka sangat berharap bantuan pada asuransi yang diikuti olehnya lewat perusahaan tempatnya bekerja, yakni, PT Otowarna untuk membackup atau membantu pembayaran rumah sakit.

"Kami sangat kecewa dengan Asuransi Jamsostek yang sudah saya ikuti melalui Perusahaan. Ternyata bermasalah," kata Kurniawan saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (19/8/2013).

Sementara, akibat pembayaran bermasalah dirinya harus merelakan diri menginap lagi di RS Setra Medika sambil menunggu Jamsostek dan perusahaan tempatnya bekerja meluruskan proses administrasi. "Mau enggak mau mas kita menginap lagi dan pastinya biaya akan bertambah," ungkapnya.

Dirinya bersikukuh untuk menunggu proses Jamsostek selesai, karena tidak sanggup membayar biaya rumah sakit yang besar itu.

"Lumayan mas jika pakai bantuan Jamsostek. Sedikit membantu karena, jika ditotal pihak Jamsostek mengeluarkan uang dari biaya RS sebanyak Rp4 juta rupiah. Jadi, sisanya Rp8,5 juta ditanggung pribadi saya," ujar pria yang sudah bekerja di PT Otowarna sejak 2006 ini.

Ditanya soal upayanya mencari kabar Jamsostek yang bermasalah itu, Kurniawan menuturkan, dia sempat mendatangi Kantor Jamsostek dan ternyata memang premi bulan Agustus belum dibayar dari perusahaan.

"Saat tahu masalah premi pembayaran telat, saya juga mencari informasi ke Perusahaan dan ternyata benar premi Bulanan Jamsostek belum dibayarkan oleh perusahaan karena memang Perusahaan masih dalam kondisi libur lebaran dan belum sempat mengurusnya," tutur bapak satu anak ini.

Dirinya menjelaskan, sang istri Siti Romlah harus dirawat di RS Sentra Medika karena mengalami kelainan pada kandungannya atau bayi anggur dan harus dioperasi untuk mencegah pembengkakan pada janinnya.

"Istri saya sejak dari hari Kamis lalu, dirawat dan harus dioperasi. Hari ini, mestinya sudah pulang karena proses perawatan sudah selesai, tapi karena masalah ini terpaksa istri tidur di rumahsakit lagi," tutupnya. (jakarta.okezone.com)

No comments:

Post a Comment