Saturday, August 31, 2013

Seluruh Penduduk Indonesia Dapat Jaminan Kesehatan 2019



Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono menyatakan seluruh penduduk Indonesia dapat jaminan kesehatan pada tahun 2019.

"Pemerintah menargetkan seluruh masyarakat Indonesia yang mencapai 251 juta jiwa, dapat jaminan kesehatan pada tahun 2019, melalui program yang dilaksanakan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS)," kata Agung di Mamuju, Jumat (30/8).

Agung mengatakan BPJS merupakan program yang dilaksanakan pemerintah di tingkat pusat dan akan diluncurkan 1 Januari 2014, untuk melayani pemberian jaminan kesehatan masyarakat secara nasional. Menurutnya, BPJS menggantikan sejumlah lembaga jaminan sosial yang ada di Indonesia yaitu PT asuransi jaminan kesehatan (Askes) dan PT jaminan sosial ketenaga kerjaan.

"Masyarakat berpenghasilan rendah, hampir miskin atau pramiskin yang bukan PNS dan TNI/Polri telah dipersiapkan untuk ikut dalam program BPJS, untuk mendapatkan jaminan kesehatan," ujar Agung.

Disampaikan Agung, program BPJS wajib diikuti seluruh warga negara untuk mendapatkan jaminan kesehatan, bahkan termasuk warga asing yang telah bekerja di Indonesia lebih dari enam bulan.

BPJS merupakan program yang nantinya memberikan perlindungan atas resiko sosial ekonomi karena sakit hari tua dan kecelakaan kerja atau karena pensiun dan kematian, perlindungan diprogramkan dalam sistem asuransi sosial berskala nasional.

Agung mengatakan dengan program itu diharapkan masyarakat Indonesia yang sampai saat ini tersentuh program jaminan kesehatan hanya sekitar 70 persen dapat mencapai 100 persen atau mencapai 251 jiwa. (www.republika.co.id)

No comments:

Post a Comment