Tuesday, September 17, 2013

BPJS Tidak Akan Berjalan Mulus



Pemberlakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada tahap awal diperkirakan tidak bisa langsung berjalan mulus. Pasalnya, masih banyak hal yang masih harus disepakati antara pemerintah dengan penyelenggara layanan kesehatan, khususnya rumah sakit swasta.

“Ada kesenjangan antara keinginan dengan kenyataan yang ada dan itu bisa menghambat. BPJS merupakan niat yang mulia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Tetapi, untuk mencapai itu, biaya yang dibutuhkan sangat besar Untuk mencapai bisa sempura, memang butuh waktu,” kata dr. Abdul Rodjak, pemilik jaringan Rumah Sakit MH Thamrin, di Jakarta, Senin (16/9/2013).

Dia mengingatkan bahwa rumah sakit swasta, rumah sakit pemerintah, dan maupun rumah sakit BUMN mempunyai karakteristik masing-masing, termasuk dalam pengembangan investasi maupun operasionalisasinya.

Sehingga, sangat penting mencari titik temu untuk mengatasi segala masalah yang menghambat, dan dalam era BPJS, rumah sakit swasta dan rumah sakit pemerintah dalam melayani tidak merugi.

“Bagi rumah sakit, yang penting tidak rugi untuk ikut BPJS. Keuntungan bisa dicari dari penyelenggaraan kesehatan di kelas I dan VIP,” kata Abdul Rodjak. (www.pikiran-rakyat.com)

No comments:

Post a Comment