Saturday, September 21, 2013

Sosialisasi Jamkesda Sasar Kelurahan

PELAYANAN Jamkesda Samarinda sudah memasuki tahun kedua, dan hingga akhir Agustus lalu sudah ada 413.050 kartu kepesertaan yang dicetak untuk warga Samarinda. Dari jumlah ini, masih menyisakan selisih sekitar 11.950 dari target kartu. Karena total warga sasaran berjumlah 425.000 jiwa. Untuk itu, Jamkesda kembali menyelenggarakan layanan pembuatan kartu langsung jadi, "One Day Service", di beberapa kelurahan. Seperti Rabu (9/10) mendatang, layanan "One Day Service" akan berlangsung di Kelurahan Makroman, Kecamatan Sambutan.
Kepala UPTD Jamkesda, dr Syarifah Rahimah menjelaskan, pembagian kartu Jamkesda di Kecamatan Sambutan yang membawahi lima kelurahan, baru tercapai setengah dari targetnya. Untuk Kelurahan Makroman, selisihnya 17.301 warga. Selisih di Kelurahan Pulau Atas sebanyak 1.217 warga, Kelurahan Sindang Sari 1.844 warga, dan Kelurahan Sungai Kapih 4.808 warga. Sementara untuk Kelurahan Sambutan, terdapat kelebihan sebanyak 1.635 warga. Sehingga, ada 23.535 warga Kecamatan Sambutan yang belum memiliki kartu Jamkesda.
“Karena itu, diharapkan pada pelaksanaan 'One Day Service' di Kelurahan Makroman nanti akan banyak warga yang mengurus pembuatan kartu, sehingga target bisa tercapai. Bagi warga kecamatan lain yang belum memiliki kartu Jamkesda, juga bisa datang ke Kelurahan Makroman pada tanggal tersebut,” ujarnya.
Dijelaskannya, setiap warga Samarinda yang belum memiliki jaminan kesehatan, berhak untuk mendapatkan kartu Jamkesda. Karena itu, pembuatannya juga dipermudah. Persyaratan yang dibawa pada saat pelaksanaan "One Day Service" hanyalah fotokopi KTP dan fotokopi Kartu Keluarga. Warga pun akan dibuatkan kartu Jamkesda.

Manfaat yang bisa diperoleh dari kartu Jamkesda adalah pelayanan kesehatan di tingkat dasar dan lanjutan, sesuai kebutuhan pasien. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan Jamkesda Samarinda, warga bisa menghubungi nomor 0541-735660 (ext 111), atau 081914686999 (SMS). (www.sapos.co.id)

No comments:

Post a Comment